ANALISIS PENGARUH SIKAP BERBAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
SEBUAH STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 KAWANGKOAN
Keywords:
Bahasa Indonesia, Sikap Berbahasa, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap berbahasa Indonesia siswa SMA Negeri 1 Kawangkoan serta faktor-faktor yang mempengaruhi sikap tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kawangkoan dengan sampel penelitian sebanyak 28 siswa kelas X A. Data penelitian dikumpulkan selama bulan September hingga Desember 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan karangan atau tes yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 28 responden, 15 karangan siswa masuk dalam kategori sangat baik dan 13 karangan siswa masuk dalam kategori baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa sikap siswa terhadap bahasa Indonesia bersifat positif dalam hal kesetiaan berbahasa, norma bahasa, dan kebanggaan berbahasa. Untuk mempertahankan dan melestarikan bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa, siswa harus terus dibekali dengan kebanggaan, kesetiaan, dan norma bahasa. Oleh karena itu, sikap positif terhadap bahasa Indonesia perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan sekolah juga harus lebih ditingkatkan agar tidak tergeser oleh bahasa asing, sehingga bahasa Indonesia tetap menjadi identitas bangsa.
References
Adawiyah, R., & Syahfitri, D. (2022). Sikap Bahasa Siswa Terhadap Bahasa Indonesia: Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal ESTUPRO, 7(2), 62-74.
Ali, M., (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di Sekolah Dasar. Jurnal Paud, 3(1). 2622-5174. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Asih, N. L. W, Meruntu, O. S., & Wengkang, T I. (2023). Sikap Generasi Muda terhadap penggunaan Bahasa Bali pada Masyarakat Desa Werdhi Agung Kecamatan Dumoga Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow. Kompetensi, 3(6), 2375-2382.
Bhakti, W. P. (2020). Pergeseran Penggunaan Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Keluarga di Sleman. Jurnal Skripta, 6(2). https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2.811
Dumat, P. L. T. N., Iroth, S., & Rotty, V. N. (2022). Kajian Sikap Pemeran Utama dalam Film “Matilda 1996” Karya Danny Devito dan Implikasinya bagi pembelajaran Sastra di Sekolah. Kompetensi, 2(05), 1335-1347. https://doi.org/10.53682/kompetensi.V2i05.4804
Garvin, P. L., Mathiot, M. (1968). The Urbaization Of Guarani Language. Problem in Language and Culture, dalam Fishman, J. A. (Ed) Reading in Tes Sosioloy Of Language. Mounton, Paris: The Hague.
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Indrawati, I., Nurhayati, N., Lukman, L., &Sahib, H. (2022). Sikap Bahasa Masyarakat Gantarang Terhadap Bahasa Konjo: Studi Kasus di Desa Benteng Gantarang. Jurnal Sinestesia, 12(1), 66-76. https://doi.org/10.53696/27219283142
Mansoer, P. (1987). Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.
Mansyur, U. (2018). Sikap Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia.
Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Pendidikan Ekonomi Koperansi FIS UNY.
Mukhamdanah & Handayani, R., (2020) Pilihan dan Sikap Bahasa Masyarakat di Perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Jurnal Kajian Bahasa. 9(2), 326-340. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2923
Ni Putu Desy Damayanthi, Dita Aryandhy Slalahi, & Made Jiyestha Negara Darmika Putra. (2023). Ragam Bahasa Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berani Di ITB STIKOM Bali. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(12), 4777-4786. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i12.6433
Naa, S. R., Pesik, N. P., & Senduk, T. M. (2022). Penggunaan Bahasa Tountemboan di Desa Beringin Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan. Kompetensi, 1(12), 1018-1029.
Pangumpia, H. M., Loho, J., dan Senduk, T. M., (2022). Komparasi Prefiks Bahasa Sangir dan Bahasa Visaya dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Daerah di Pulau Kawio Kecamatan kepulauan Marore. Kompetensi, 2 (9), 1647-1652. https://doi.org/10.53682/kompetensi.V2i9.5068
Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik Wawancara Dan Observasi Untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Program Studi Antropologi Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Udayana.
Pujiyanto, H. (2021). Metode Observasi Lingkungan Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 2745-6056.
Rahayu, R. (2014). Sikap Berbahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Metro Provinsi Lampung. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 219-230.
Riana, R., Setiadi, S. (2015). Pengaruh Sikap Berbahasa Terhadap Penerapan Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Semarang. J. Dinamika Sosbud. 17 (2), 1410-9859.
Srydevi, Syamsuri, AS., Rahim .R., (2021). Sikap Berbahasa Warga Negara Indonesia Keturunan tionghoa di Kota Makassar. Jurnal Onam: Pendidikan Bahasa dan Sastra. 7(2). 2443-3667. https://e-journal.my.id/onoma
Sobara, I., & Ardiyani, D. K. (2013). Sikap bahasa mahasiswa laki-laki dan perempuan di jurusan sastra jerman universitas negeri malang. Bahasa dan Seni, 41(1), 93-104.
Subiyatningsih, F. (2016). Sikap Bahasa Remaja: Kasus Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Rubrik “Deteksi” Jawa Pos. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7 (2), 147-158. https://doi.org/10.31503/madah.v7i2.46
Sulastriana, E. (2016). Pengaruh Sikap Bahasa terhadap Kesantunan Berbahasa Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(1), 71-82. https://doi.org/10.31571/bahasa.v4i1.40
Sulistyawati, W., Wahyudi, dan Trinuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif) Motivasi Belajar Siswa Deangan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid19. Kaikma 13(1), 68-73.
Sutama, IGP., Jendra. IW., Adnyana, IBA., (2023). Analisis Kelogisan Bahasa Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Lisan Dan Tulis. Seminar nasional Linguistik Dan Sastra, 2964-7223
Surbakti, S. B., Mandang, F. H., & Linjewas, J. W. (2022). Sikap berbahasa mahasiswa Batak Karo terhadap bahasa Batak Karo di Universitas Negeri Manado. Kompetensi, 1(05), 465-476.
Syahputra, E. Fadlan, F., Salmanda, D., & Purba, KNE., (2022). Perbedaan Makna Bahasa Tulis Dan Bahasa Lisan. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 227-230. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2534
Wardani, K. D. K. A., Gosong, M., & Artawan, G. (2013). Sikap Bahasa Siswa Terhadap Bahasa Indonesia: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.