HITAM PUTIH PEREMPUAN DALAM FILM KUPU-KUPU MALAM KARYA ANGGY UMBARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUDA

Authors

  • Theresia Eklesia Pontororing Universitas Negeri Manado
  • Intama J. Polii Universitas Negeri Manado
  • Nontje J. Pangemanan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i7.9117

Keywords:

Nilai Moral, Pendidikan Karakter, Film Kupu-kupu Malam

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting bagi bangsa Indonesia terutama pada generasi muda saat ini, karena peran dari generasi muda ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masa depan sebuah bangsa. Hal ini dapat didukung dengan menyampaikan pesan-pesan pada suatu objek yang mereka sukai contohnya sebuah film. Salah satu film yang punya banyak pesan moral dan banyak ditonton yaitu Kupu-kupu Malam karya Anggy Umbara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hitam putih atau buruk baiknya perilaku perempuan yang terkandung dalam film Kupu-Kupu Malam. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari adegan tokoh utama yaitu Laura dalam film Kupu-kupu Malam karya Anggy Umbara. Teknik atau cara pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik pustaka, menonton, dan catat. Sedangkan, teknik yang digunakan teknik analisis isi atau kajian isi teks/cerita film itu sendiri, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam film Kupu-Kupu Malam terdapat hitam putih atau buruk baiknya sifat atau moral dari tokoh Laura. Sisi hitam atau buruk yaitu Menjadi PSK/, Materialistis, Bermesraan dengan orang yang sudah punya keluarga. Kemudian sisi putih atau baik yaitu penyayang, Peduli Pendidikan, dan Bertanggung jawab. Implikasi bagi karakter generasi muda yaitu dapat menuntun penonton dalam membina moral bangsa, tentu dengan menghindari sisi hitam/sikap buruk dan mencontohi sisi putih/sikap baik.

References

Ae, A. (2020). Filosofi Hitam Putih. Diakses dari https://www.anisae.com/filosofi-hitam-putih/

Aldatya Prakoso, G., Krisnawati, E., & Herwandito, S. (2023). Representasi Kasih Sayang Anak Kepada Orang Tua Berdasarkan Film Pertaruhan. Jurnal Impresi Indonesia, 2(7), 636–650. https://doi.org/10.58344/jii.v2i7.3291

Alhally, A. (2020). Pengaruh Kepedulian, Pengetahuan, Sikap, Inisiatif Pemerintah, Tekanan Teman Sebaya Dan Spiritualitas Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan Di Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(2), 130. https://doi.org/10.31602/atd.v4i2.3032

Badriyah, R. (2021). Analisis nilai moral dalam film battle of surabaya. Jurnal Literasi, 4, 77–85.

Baiti, N. (2020). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 44. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590

Faturrahman, F., Setiawan, F., Astuti, W. D., & Khasanah, K. (2022). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Tsaqofah, 2(4), 466–474. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469

Greatmind. (2019). Manusia: Hitam Putih Yang Tak Pernah Mutlak. https://greatmind.id/article/manusia-hitam-putih-yang-tak-pernah-mutlak

Hafnan, O. (2021). Karakter Dan Nilai Moral Dalam Film the Patriot Karya Roland Emmerich. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 4(3), 305. https://doi.org/10.30998/inference.v4i3.6877

Kahfi, A., Meylani, I. R., Maharani, W. B., & Damariswara, R. (2023). Analisis Nilai Moral Dalam Film “Losmen Bu Broto” Karya Sutradara Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono. Basataka, 6(1), 108–117.

Khan, S., Paath, R., & Roty, V. (2022). Analisis Nilai Moral Dalam Film “Dua Garis Biru” Karya Gina S. Noer Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra. Kompetensi, 1(09), 780–785. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i09.2898

Litod, A., Katuuk, U. M. K. Al, Polii, I. J., & Sastra, P. (2024). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Di Bawah Umur Karya Erisca Febriani dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra. Kompetensi, 04(01),1–5.

Manderes, A. (2022). Nilai Moral Keluarga Dalam Film “Miracle in Cell No.07” Karya Lee Hwan Kyung Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra. Kompetensi, 2(9), 1666–1684. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i9.4981

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1229

Nugroho, L. D. (2019). ANALISIS NILAI MORAL PADA CERPEN SURAT KABAR SUARA MERDEKA EDISI BULAN OKTOBER SAMPAI DESEMBER 2017 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SMA KELAS XI. Face Threatening Act of Different Ethnic Speakers in Communicative Events of School Context, 8(1), 104–115.

Pahruroji, Julianto, F., & Lestari, D. R. (2019). Analisis Nilai Moral Pada “Misteri Uang Melayang” Karya Sona. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(5), 777–782.

Ronanti, R., Diman, P., Perdana, I., Poerwadi, P., & ... (2023). Representasi Nilai Moral Dalam Film My Nerd Girl Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Drama Di Sma. … : Jurnal Pendidikan …, 1(1). https://pbsi-upr.id/index.php/atmosfer/article/view/141%0Ahttps://pbsi-upr.id/index.php/atmosfer/article/download/141/102

Sejarah dan sosial. (2023). Menilik Filosofi Hitam Putih sebagai Perwujudan Kebaikan dan Kejahatan. Kumparan. https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/menilik-filosofi-hitam-putih-sebagai-perwujudan-kebaikan-dan-kejahatan-20Btayuhc4U/full

Wibowo, E. W. (2020). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, PEDULI SOSIAL, DAN PEDULI LINGKUNGAN TERHADAP KEDISIPLINAN (Studi Kasus Mahasiswa Administrasi Perkantoran Politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.379

Widiyarto, S., Sartono, L. N., & Mubasyira, M. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dan Moral Film Koala Kumal. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 9(2), 50. https://doi.org/10.29406/jpk.v9i2.2328

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Pontororing, T. E., Polii, I. J. ., & Pangemanan, N. J. . (2025). HITAM PUTIH PEREMPUAN DALAM FILM KUPU-KUPU MALAM KARYA ANGGY UMBARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUDA. KOMPETENSI, 4(7), 449-459. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i7.9117