ANALISIS HUBUNGAN KEBIASAAN MENDENGARKAN MUSIK DENGAN KUALITAS MUSIKALITAS SISWA

SEBUAH STUDI DI SMA NEGERI 1 KAWANGKOAN

Authors

  • Pingkan Nadia Lapian Universitas Negeri Manado
  • Perry Rumengan Universitas Negeri Manado
  • R.A. Dinar Sri Hartati Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i7.9142

Keywords:

Kebiasaan Mendengarkan Musik, Kualitas Musikalitas, Siswa SMA

Abstract

Penelitian ini mengkaji hubungan antara kebiasaan mendengarkan musik dan kualitas musikalitas siswa SMA Negeri 1 Kawangkoan, Sulawesi Utara. Menggunakan metode Mixed Method, penelitian ini menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh data yang komprehensif dan valid. Studi dilaksanakan dari 22 November 2023 hingga 15 Januari 2024, dengan sampel 30 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dari total 866 siswa. Data dikumpulkan melalui angket, daftar centang, wawancara, dan tes musikalitas. Hasil menunjukkan bahwa kebiasaan mendengarkan musik siswa dipengaruhi oleh faktor keluarga, lingkungan, dan minat pribadi. Genre musik yang populer di kalangan siswa meliputi pop, reggae, EDM, jazz, dan klasik, dengan durasi mendengarkan rata-rata lebih dari 3 jam per hari. Analisis tes musikalitas mengungkapkan korelasi positif antara durasi mendengarkan musik dan nilai tes. Siswa yang mendengarkan musik lebih dari 3 jam sehari cenderung memperoleh nilai lebih tinggi. Temuan ini mengindikasikan pengaruh signifikan kebiasaan mendengarkan musik terhadap kualitas musikalitas siswa, terutama ketika didukung oleh minat pribadi, lingkungan, dan kebiasaan keluarga. Penelitian ini memperkuat studi sebelumnya dan merekomendasikan pengembangan kebiasaan mendengarkan musik di kalangan siswa, serta pentingnya dukungan keluarga dalam proses ini.

References

Clark, V. L. P., & Ivankova, N. V. (2015). Mixed methods research: A guide to the field (Vol. 3). Sage publications.

Fitri, E. A. (2022). Studi Komparasi Kemampuan Musikalitas pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Dengan Siswa di Sekolah Dasar Swasta di Kota Tasikmalaya. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari https://repository.upi.edu/81295/.

Frith, S. (1996). Performing rites: On the value of popular music. Harvard University Press.

JMS (2019, April 3). Tips Melatih Musikalitas. Diakses dari https://www.jogjamusicschool.com/detail-article-tips-melatih-musikalitas-392/ (2 Maret 2024)

Julia, J. (2017). Pendidikan musik: Permasalahan dan Pembelajarannya. UPI Sumedang Press.

KBBI (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka

Khoirunnisa, A. (2020). Self-Therapy: Melalui Melodi dan Musik Berbahasa Asing. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Lingga, A. F. (2011). Representasi Makna Pesan Nilai-nilai Motivasi dalam Album "For All" (Studi Analisis Semiotika Nilai-Nilai Motivasi dalam Lirik-Lirik Lagu pada album “For All” karya Bondan Prakoso & Fade 2 Black). Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran".

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta.

Phetorant, D. J. (2018). Psikologi dan Musik: Gambaran Jiwa Lewat Frekuensi. CV. Nada Group

Resmadi, I. (2021). Jurnalisme musik dan selingkar wilayahnya. Kepustakaan Populer Gramedia.

Rifda, A. (2021, January 1). Musik Klasik: Sejarah Perkembangan, Jenis, dan Manfaatnya. Diakses dari https://www.gramedia.com/literasi/musik-klasik/ (29 February 2024)

Salim, D. (2009). Psikologi musik. Yogyakarta: Galang Pres.

Saputra, S., & Tafonao, T. (2022). Pendidikan Dasar Musik: Pendampingan dan Pelatihan Notasi Dasar kepada Remaja di GPT “MARANATHA” Desa Penda Pilang–Tumbang Manyangan. Jurnal Nusantara Mengabdi, 1(3), 137-144. https://doi.org/10.35912/jnm.v1i3.973.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Superlive (2023, September 11). Mengenal Genre Musik Jazz Yang Menarik. Diakses dari https://superlive.id/supermusic/artikel/news/mengenal-genre-musik-jazz-yang-menarik/ (28 Februari 2024)

Tarigan, Z., & Sunarto, B. (2020). Ga· ʼahʹ: Ekspresi Musikal Kisah Menara Babel dalam Kitab Kejadian. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 15(1), 31-37. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v15i1.2847.

Utomo, R. P. (2007). Kursus Musik Anak di Jogja Penekanan pada Konsep Bangunan yang Edukatif. Diakses dari https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/20882.

Wardhani, J. D. (2016). Peran Permainan Musik Feeling Band Terhadap Perkembangan Emosi Anak. Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding. Diakses dari http://hdl.handle.net/11617/7866.

Yetti, E., & Khairiah, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Musikalitas Melalui Bermain Alat Musik Dol. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 226-237. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.03.

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Lapian, P. N., Rumengan, P. ., & Hartati, R. D. S. . (2025). ANALISIS HUBUNGAN KEBIASAAN MENDENGARKAN MUSIK DENGAN KUALITAS MUSIKALITAS SISWA: SEBUAH STUDI DI SMA NEGERI 1 KAWANGKOAN. KOMPETENSI, 4(7), 438-448. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i7.9142