ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

SEBUAH STUDI DI SMP NEGERI 1 TONDANO

Authors

  • Shanaz N. Salsa Bila Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Ruth Carolien Paath Manado State University image/svg+xml
  • Susan Monoarfa Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i7.9225

Keywords:

Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran, Project-based Learning, Teks Fantasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks fantasi sesuai dengan struktur kaidah kebahasaan dan isi melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek Project Based Learning< em> Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tondano yang terletak di Jl Walanda Waramis Tondano Timur selama periode 29 November hingga 01 Desember 2023 Populasi penelitian terdiri dari 240 siswa kelas VII yang terbagi dalam 8 kelas Sampel penelitian diambil dari 24 siswa kelas VII A menggunakan teknik Purposive Sampling< em> yang dipilih berdasarkan kriteria yang dianggap mewakili populasi Hasil analisis terhadap dua puluh empat teks fantasi menunjukkan rata rata nilai sebesar 80 62 yang dikategorikan sebagai mampu karena berada dalam rentang 80 89 Meskipun proses pembelajaran masih dilakukan secara konvensional hasil penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan model Project Based Learning< em> dapat efektif dalam membantu siswa menulis teks fantasi dengan baik Penilaian mencakup tiga aspek utama: struktur teks kaidah kebahasaan dan isi Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan model pembelajaran yang tepat seperti Project Based Learning< em> dapat berdampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks fantasi dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya < p>

References

Andriati L Abdi S Mukminin A N A Tridayati W 2023 Analisis Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Babelan Jurnal Pendidikan dan Konseling 5 4 72 80 Diakses dari https: journal universitaspahlawan ac id index php jpdk article download 16699 12709

Anggraini P D Wulandari S S 2021 Analisis penggunaan model pembelajaran project based Learning dalam peningkatan keaktifan siswa Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran JPAP 9 2 292 299 https: doi org 10 26740 jpap v9n2 p292 299

Dias F 2021 Analisis Efektifitas Sumber Dan Penggunaan Dana Pada Pt Pakuwon Jati Tbk Tahun 2015 2019 Ditinjau Dari Perhitungan Laporan Keuangan Skripsi STIE Mahardhika Surabaya Diakses dari http: repository stiemahardhika ac id id eprint 2303

Ginting E S 2020 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Journal of Education Action Research 4 2 240 250 https: doi org 10 23887 jear v4i2 12334

Hartono D P Asiyah S 2019 Penerapan Model Project Based Learning PjBL Terhadap Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Geografi Di Universitas PGRI Palembang Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi 4 1 https: doi org 10 31851 swarnabhumi v4i1 2659

Hasan M Milawati M Darodjat D Harahap T K Tahrim T Anwari A M Indra I 2021 Media pembelajaran Tahta Media Group

Hyland K 2003 Second Language Writing Cambridge University Press

Irmawati A Khoirunnisya K Aeni E S 2019 Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Menggunakan Model Project Based Learning Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 1 109 114 Diakses dari https: www journal ikipsiliwangi ac id index php parole article view 1985

Kusadi N M R Sriartha I P Kertih I W 2020 Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif Thinking Skills and Creativity Journal 3 1 18 27 https: doi org 10 23887 tscj v3i1 24661

Maisyarah M Lena M S 2023 Penerapan Model Project Based Learning Pjbl pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar e Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar 10 3 171 184 http: dx doi org 10 24036 e jipsd v10i3 12132

Marlina E 2023 Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Sekolah Menengah Pertama SMP Journal of Community Dedication 3 1 88 97 Diakses dari https: adisampublisher org index php pkm article view 266

Mayuni K R Rati N W Mahadewi L P P 2019 Pengaruh model pembelajaran project based learning PjBL terhadap hasil belajar IPA Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 2 2 183 193 https: doi org 10 23887 jippg v2i2 19186

Oktavia Nirmalasari Yahya M 2022 Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Cerita Fantasi Dengan Model Project Based Learning Dan Media Film Ambilkan Bulan Pada Siswa Kelas Vii E Mtsn 2 Surakarta Tahun Ajaran 2021 2022 Metamorfosis Jurnal Bahasa Sastra Indonesia Dan Pengajarannya 15 2 24 37 https: doi org 10 55222 metamorfosis v15i2 830

Pangumpia H M 2022 Komparasi Prefiks Bahasa Sangir dan Bahasa Visaya dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Daerah di Pulau Kawio Kecamatan Kepulauan Marore KOMPETENSI 2 9 1647 1652 https: doi org 10 53682 kompetensi v2i9 5068

Pasaribu L 2022 Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Gambar Bentuk Tiga Dimensi Melalui Penerapan Model Project Based Learning Dengan Menggunakan Media Power Point Soko Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 3 274 282 https: doi org 10 55606 sokoguru v2i3 3492

Priastari M Devi W S 2021 Peningkatan Menulis Teks Fantasi Menggunakan Metode PJBL Berbantuan Media Bontang Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra 8 1 65 73 https: doi org 10 30595 mtf v8i1 10276

Rahayu R Rosita R Rahayuningsih Y S Hernawan A H Prihantini P 2022 Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Jurnal Basicedu 6 4 6313 6319 https: doi org 10 31004 basicedu v6i4 3237

Resmini S Satriani I Rafi M 2021 Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris Abdimas Siliwangi 4 2 335 343 https: doi org 10 22460 as v4i2p 25p 6859

Rozak A Juwanda J 2021 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bermedia Audio Visual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Kelas VII SMP Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7 2 66 69 http: jurnal unswagati ac id index php Deiksis

Sambuaga M G Palar W R Polii I J 2023 Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pjbl Pada Siswa Kelas Ix A Binsus Smp Negeri 2 Tondano KOMPETENSI 3 02 1980 1989 https: doi org 10 53682 kompetensi v3i02 5882

Sambuaga M G Palar W R Polii I J 2023 Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pjbl Pada Siswa Kelas IX A Binsus SMP Negeri 2 Tondano KOMPETENSI 3 02 1980 1989 https: doi org 10 53682 kompetensi v3i02 5882

Sri Margawati 2021 Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii 3 SMP Negeri 5 Depok Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Film Jurnal Pendidikan Indonesia 2 01 95 104 https: doi org 10 59141 japendi v2i01 72

Suherlan E 2019 Pengaruh Perbandingan Antara Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Backhand Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Cipaku Kecamatan Sukaraja Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 3 5 1137 1143 http: dx doi org 10 33578 pjr v3i5 7889

Sutisna I 2020 Statistika penelitian Universitas Negeri Gorontalo Diakses dari https: Teknik_Analisis_Data_Penelitian_Analisis_Data_Penelitian_Kuantitatif pdf

Syafi i F F 2022 January Merdeka belajar: sekolah penggerak Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Diakses dari https: ejurnal pps ung ac id index php PSNPD article view 1049

Thomas J W 2000 A review of research on project based learning San Rafael CA: Autodesk Foundation

Todorov T 1975 The Fantastic: A Structural Approach to a Literary Genre Cornell University Press

Wibowo D C Sutani P Fitrianingrum E 2020 Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3 1 51 57 https: doi org 10 30605 jsgp 3 1 200 245

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING: SEBUAH STUDI DI SMP NEGERI 1 TONDANO. (2025). KOMPETENSI, 4(7), 460 469. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i7.9225