ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING

SEBUAH STUDI DI SMP NEGERI 1 TONDANO

Authors

  • Shanaz N. Salsa Bila Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Ruth Carolien Paath Universitas Negeri Manado
  • Susan Monoarfa Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i7.9225

Keywords:

Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran, Project-based Learning, Teks Fantasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks fantasi sesuai dengan struktur, kaidah kebahasaan, dan isi melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tondano, yang terletak di Jl. Walanda Waramis, Tondano Timur, selama periode 29 November hingga 01 Desember 2023. Populasi penelitian terdiri dari 240 siswa kelas VII yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel penelitian diambil dari 24 siswa kelas VII A menggunakan teknik Purposive Sampling, yang dipilih berdasarkan kriteria yang dianggap mewakili populasi. Hasil analisis terhadap dua puluh empat teks fantasi menunjukkan rata-rata nilai sebesar 80,62%, yang dikategorikan sebagai "mampu" karena berada dalam rentang 80%-89%. Meskipun proses pembelajaran masih dilakukan secara konvensional, hasil penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan model Project-Based Learning dapat efektif dalam membantu siswa menulis teks fantasi dengan baik. Penilaian mencakup tiga aspek utama: struktur teks, kaidah kebahasaan, dan isi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan model pembelajaran yang tepat, seperti Project-Based Learning, dapat berdampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks fantasi, dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya.

References

Andriati, L., Abdi, S., Mukminin, A. N. A., & Tridayati, W. (2023). Analisis Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Babelan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(4), 72-80. Diakses dari https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/16699/12709

Anggraini, P.D., &Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project-based Learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Dias, F. (2021). Analisis Efektifitas Sumber Dan Penggunaan Dana Pada Pt Pakuwon Jati Tbk Tahun 2015-2019 Ditinjau Dari Perhitungan Laporan Keuangan. Skripsi, STIE Mahardhika Surabaya. Diakses dari http://repository.stiemahardhika.ac.id/id/eprint/2303.

Ginting, E. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi. Journal of Education Action Research, 4(2), 240-250. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.12334

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Geografi Di Universitas PGRI Palembang. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 4(1). https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2659

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.Tahta Media Group.

Hyland, K. (2003). Second Language Writing. Cambridge University Press.

Irmawati, A., Khoirunnisya, K., & Aeni, E. S. (2019). Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Menggunakan Model Project Based Learning. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 109-114. Diakses dari https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1985

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661

Maisyarah, M., & Lena, M. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 171-184. http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.12132

Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3(1), 88-97. Diakses dari https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/266

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran project-based learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 183-193. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19186

Oktavia Nirmalasari, & Yahya, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi (Cerita Fantasi) Dengan Model Project Based Learning Dan Media Film Ambilkan Bulan Pada Siswa Kelas Vii E Mtsn 2 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022. Metamorfosis | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 15(2), 24–37. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i2.830.

Pangumpia, H. M. (2022). Komparasi Prefiks Bahasa Sangir dan Bahasa Visaya dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Daerah di Pulau Kawio Kecamatan Kepulauan Marore. KOMPETENSI, 2(9), 1647-1652. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i9.5068

Pasaribu, L. (2022). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Gambar Bentuk Tiga Dimensi Melalui Penerapan Model Project Based Learning Dengan Menggunakan Media Power Point. Soko Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 274-282. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i3.3492

Priastari, M., & Devi, W. S. (2021). Peningkatan Menulis Teks Fantasi Menggunakan Metode PJBL Berbantuan Media Bontang. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 65-73. https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.10276

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343. https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859

Rozak, A., & Juwanda, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bermedia Audio Visual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Kelas VII SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 66-69. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Sambuaga, M. G., Palar, W. R., & Polii, I. J. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Siswa Kelas Ix A Binsus Smp Negeri 2 Tondano. KOMPETENSI, 3(02), 1980-1989. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5882

Sambuaga, M. G., Palar, W. R., & Polii, I. J. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Siswa Kelas IX A Binsus SMP Negeri 2 Tondano. KOMPETENSI, 3(02), 1980-1989. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5882

Sri Margawati. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii.3 SMP Negeri 5 Depok Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Film. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 95–104. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.72

Suherlan, E. (2019). Pengaruh Perbandingan Antara Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Backhand Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Cipaku Kecamatan Sukaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(5), 1137-1143. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7889

Sutisna, I. (2020). Statistika penelitian. Universitas Negeri Gorontalo. Diakses dari https://Teknik_Analisis_Data_Penelitian_Analisis_Data_Penelitian_Kuantitatif.pdf

Syafi’i, F. F. (2022, January). Merdeka belajar: sekolah penggerak. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Diakses dari https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1049

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation.

Todorov, T. (1975). The Fantastic: A Structural Approach to a Literary Genre. Cornell University Press.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.200.245

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Bila, S. N. S., Paath, R. C., & Monoarfa, S. (2025). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING: SEBUAH STUDI DI SMP NEGERI 1 TONDANO. KOMPETENSI, 4(7), 460-469. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i7.9225