ANALISIS HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN BERDEBAT SISWA

Authors

  • Angreine Saada Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Nontje Jultje Pangemanan
  • Oldie S. Meruntu

Keywords:

Penguasaan kosakata, Kemampuan berdebat, Bahasa Indonesia, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berdebat siswa kelas X SMA Negeri 1 Kawangkoan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 296 siswa, dengan sampel sebanyak 45 siswa kelas X. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan angket yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Uji prasyarat instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas. Untuk uji hipotesis, digunakan uji korelasi product moment dan uji signifikansi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rhitung sebesar 0,8156 lebih besar dari rtabel sebesar 0,2940 pada taraf signifikan 5%, yang berada dalam kategori sangat kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara penguasaan kosakata dan kemampuan berdebat siswa kelas X SMA Negeri 1 Kawangkoan.

References

Aclan, E. M., & Aziz, N. H. A. (2015). Why and how EFL students learn vocabulary in parliamentary debate class. Advances in Language and Literary Studies, 6(1), 102-113.

Al-Uqshari, Y. (2005). Menjadi pribadi yang berpengaruh. Gema Insani.

Asrulla, A., Risnita, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320-26332. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10836

Behlol, M., & Kaini, M. M. (2011). Comparative Effectiveness of Contextual and Structural Method of Teaching Vocabulary. English language teaching, 4(1), 90-97.

Ceneciro, C. C., Estoque, M. R., & Chavez, J. V. (2023). Analysis of debate skills to the learners’ confidence and anxiety in the use of the English language in academic engagements. Journal of Namibian Studies: History Politics Culture, 33, 4544-4569.

Cohen, J., Cohen, P., West, S. G., & Aiken, L. S. (2013). Applied multiple regression/correlation analysis for the behavioral sciences. Routledge.

Gallingane, C., & Han, H. S. (2015). Words can help manage emotions: Using research-based strategies for vocabulary instruction to teach emotion words to young children. Childhood Education, 91(5), 351-362. https://doi.org/10.1080/00094056.2015.1090849.

Haider, M. S., & Ya, C. (2021). Assessment of information literacy skills and information-seeking behavior of medical students in the age of technology: a study of Pakistan. Information Discovery and Delivery, 49(1), 84-94. https://doi.org/10.1108/IDD-07-2020-0083.

Harahap, N. (2023). The Correlations Between Students’ Vocabulary Mastery And Speaking Skill To The Tenth Grade Students Of Smk Negeri 1 Angkola Timur. ETANIC Journal Of English Language Teaching And Applied Linguistics, 1(1), 1-9.

Huck, S. (2015). Statistical misconceptions: classic edition. Routledge.

Ibda, H. (2019). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa: Dilengkapi caturtunggal keterampilan berbahasa. CV. Pilar Nusantara.

Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan berbicara: Pengantar keterampilan berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.

Iqbal, M. Z., & Dayanti, H. (2020). Buku Pembelajaran Debat. Jakarta: Guepedia.

Kusmiatun, A. (2016). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Penerbit K-Media.

Kusuma, A. R. (2019). Penerapan Keterampilan Berbicara Dalam Pidato. INA-Rxiv Papers. https://doi.org/10.31227/osf.io/cdufz.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta.

Neugebauer, S., Coyne, M., McCoach, B., & Ware, S. (2017). Teaching beyond the intervention: The contribution of teacher language extensions to vocabulary learning in urban kindergarten classrooms. Reading and Writing, 30, 543-567. https://doi.org/10.1007/s11145-016-9689-x.

Pai, F. Y., Yeh, T. M., & Tang, C. Y. (2018). Classifying restaurant service quality attributes by using Kano model and IPA approach. Total Quality Management & Business Excellence, 29(3-4), 301-328. https://doi.org/10.1080/14783363.2016.1184082.

Purnamasari, R., & Samaya, D. (2021). Hubungan Keterampilan Berbicara dan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Debat Siswa Kelas X SMAN 11 Palembang. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 2(1), 63-69. http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i1.742.

Rahardi, R. K. (2006). Dimensi-dimensi kebahasaan: aneka masalah bahasa Indonesia terkini. Erlangga.

Sugiyono. (2010). Metode Peneliian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta

Suhendar, S. S. (2018). The effects of interpersonal communication skill and vocabulary mastery towards student’s speaking skill. Journal of English Language and Literature (JELL), 1(01), 81-100. https://doi.org/10.37110/jell.v1i01.8.

Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 2(1). https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10096.

Tarigan, H. G. (1986). Buku Materi Pokok Berbicara I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Universitas Terbuka.

Tarigan, R. M., & Lubis, Y. (2024). Qualitative Findings on the Impact of Debate Techniques on English Language Speaking Competence. The Journal of Educational Development, 12(2), 84-97. https://doi.org/10.15294/.

Umar, H. (2003). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Wijayati, H. (2021). Bukan Asal Debat: Trik Ampuh Memenangkan Debat Secara Cerdas, Logis, dan Berdasar. Anak Hebat Indonesia.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17). Diunduh dari https://sitizubaidahbioum.wordpress.com/wp-content/uploads/2018/01/siti-zubaidah-stkip-sintang-10-des-2016.pdf.

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Saada, A., Pangemanan, N. J., & Meruntu, O. S. (2025). ANALISIS HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN BERDEBAT SISWA . KOMPETENSI, 4(7), 470-483. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kompetensi/article/view/9235