ANALISIS RELIGIUSITAS TOKOH UTAMA DESMOND DOSS DALAM FILM HACKSAW RIDGE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i10.9250Keywords:
Nilai Religiusitas, Hacksaw Ridge, Pendidikan Karakter, Desmond DossAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai religiusitas dari tokoh utama Desmond Doss dalam Film Hacksaw Ridge serta implikasinya terhadap pendidikan karakter pada kawula muda. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik simak catat (note taking) terhadap dialog-dialog dan adegan-adegan dalam film Hacksaw Ridge karya Mel Gibson, sebagai sumber data utama dalam penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa, dalam film Hacksaw Ridge mengandung perilaku, sikap dan nilai-nilai Religiusitas yang digambarkan melalui tokoh utama Desmond Doss yang terepresentasi dari berbagai adegan dalam film tersebut. (1) terdapat nilai-nilai Religiusitas seperti perilaku bertanggung jawab, toleransi, sikap jujur, bersahabat, taat beribadah, taat terhadap aturan agama dan mau mengabdikan diri kepada Tuhan; (2) Implikasi pada pendidikan karakter sangat menarik dalam film ini, berdasarkan data dari hasil penelitian, menunjukan bahwa dalam film biografi drama perang ini kita bisa belajar akan pentingnya kesadaran nilai-nilai religiusitas yang harus ditanamkan dalam diri peserta didik sebagai proses pembentukan karakter.
References
Alfariz, F. (2021). Analisis nilai religiusitas sebagai penguatan toleransi di desa Pancasila Lamongan Jawa Timur. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 118-123. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i1.29957.
Cahyani, L. I., & Syarifah, D. (2020). Peranan religiusitas dalam menjelaskan intensi membeli kosmetik berlabel halal. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 5(2), 142.
Dewi, J. M. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Cahaya dari Timur Beta Maluku Karya Angga Dewimas Sasongko dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi, Universitas Negeri Manado.
Fauzi, A. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Doraemon Yang Berjudul Stand By Me dan Implementasinya Dengan Pendidikan Akhlak. Skripsi, Universitas Isalm Negeri Maulana Malik Ibrahin. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8422.
Iswati, I. (2019). Karakteristik ideal sikap religiusitas pada masa dewasa. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(01).
Mardiana, E., Thamrin, H., & Nuraini, P. (2021). Analisis Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Kota Pekanbaru. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 4(2), 512-520. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).8309.
Mu’in, F. (2016). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik & Praktik (Edisi Ke-5). AR-Ruzz Media.
Mudrikah, M., Purnomo, B., & Setiawan, H. (2022). Analisis Religiusitas Tokoh Utama Novel Air Mata Tuhan Karya Aguk Irawan MN. LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2). Diambil dari https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/203.
Nur ‘Afni, M., & Taja, N. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Film Omar dan Hana. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 57-64. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.986.
Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif; Dalam Perspektif Rancangan Penelitian (Edisi Ke-2). AR-Ruzz Media.
Purwanto, N. (2014). Pengantar Pendidikan (Edisi Pertama). Graha Ilmu.
Ridho, A., Saniah, M., & Warsah, I. (2023). Manipulasi Religiusitas: Analisis Kritis Terhadap Fenomena Pendistorsian Nilai-Nilai Sakral Agama Di Indonesia. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 31-48. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.543.
Saryono (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.
Sudaryono dkk. (2013). Pengembangan Instrument Penelitian Pendidikan. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Syaifuddin, S., & Muhid, A. (2021). Efektivitas pesan dakwah di media sosial terhadap religiusitas masyarakat muslim: analisis literature review. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(1), 17-28.
Widiani, L. S., Darmawan, W., & Ma'mur, T. (2018). Penerapan media film sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan mengolah informasi siswa dalam pembelajaran sejarah. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 7(1), 125-126. https://doi.org/10.17509/factum.v7i1.11932.
Wimayasari, D., Hadi, P. K., & Furinawati, Y. (2017). Religiusitas Tokoh Utama Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 40-44. http://doi.org/10.25273/widyabastra.v5i1.1890.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan (Edisi Pertama). Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.