ANALISIS PERAN MUSIK DALAM DAKWAH PADA MAJELIS NUURUL KHAIRAT DI KOTAMOBAGU
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i10.9267Keywords:
Peran musik, Majelis Nuruul Khairat, KotamobaguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran musik dalam dakwah di Majelis Nuurul Khairat, Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan dari berbagai teori, termasuk musikologi, fungsional, dan psikologi. Teori musikologi digunakan untuk menganalisis struktur musik dalam konteks dakwah, teori fungsional untuk memahami peran musik dalam dakwah, dan teori psikologi untuk mengkaji pengaruh musik dakwah terhadap mental dan perilaku manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang menghasilkan data dalam bentuk deskripsi lisan atau tertulis dari partisipan serta perilaku yang diamati, memungkinkan pemahaman mendalam tentang fenomena yang diteliti dengan fokus pada wawancara mendalam. Teknik pengumpulan data meliputi studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara teknik pengolahan data mencakup klasifikasi dan analisis data. Penelitian dilakukan di Majelis Nurul Khairat di Kelurahan Kotamobagu selama tiga bulan (Februari-April). Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik memiliki peran signifikan dalam proses dakwah. Sebagai media komunikasi, musik memainkan peran penting dalam menyampaikan pesan keagamaan kepada umat Islam, dengan dakwah melalui musik terbukti lebih efektif karena diterima oleh banyak orang. Musik Islam dalam dakwah ini sering disertai dengan alat musik seperti bass hadroh, darbuka, rebana, marawis, dan gong, yang memperindah dan memperkuat pengalaman dakwah melalui nyanyian lagu-lagu keagamaan. Musik yang digunakan dalam dakwah oleh Majelis Nuurul Khairat meliputi sholawat, nasyid, dan qasidah. Peranan musik dalam dakwah di Majelis ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu sebagai penyemangat, mempermudah jalannya dakwah, dan mengajak atau membujuk orang untuk mengikuti dakwah.
References
Apel, W. (1965). Harvard Dictionary of Music (second edition, revised and enlarged). Massachusetts, Cambridge: The Belknap Press of Harvard University Press
Aripudin, A. (2012). Dakwah Antarbudaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aripudin, A., & Ridwan, M. R. (2009). Materi Dakwah pada Grup Ban Non-Religi (Analisis Pesan Dakwah dalam Lirik Lagu Grub Band GIGI). Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 4(13), 493-512.
Aziz, D. (2019). Musik sebagai media dakwah. Bandung.
Azwar, S. (2005). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
Djohan. (2006). Psikologi Musik. Yogyakarya: Best Publisher.
Gabrielsson, A., & Juslin, P. N. (2003). Emotional expression in music. In R. J. Davidson, K. R. Scherer, & H. H. Goldsmith (Eds.), Handbook of affective sciences (pp. 503–534). Oxford University Press.
Hadi, Q. (2020). Keberadaan Musik Dalam Sholawatan Habib Syekh bin Abdul Qadir Assegaf. Skripsi, ISI Surakarta. Diunduh dari http://repository.isi-ska.ac.id/4538/.
Ibrahim & Sudjana, N. (1989). Penelitian kualitatif dan kuantitatif. Bandung: Sinar Baru
Indrawan, A., & Kustap, K. (2015). Adaptasi Konserto pada Ensambel Gitar sebagai Upaya Pengayaan Bahan Ajar Matakuliah Ensambel. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 16 (2), 95–103.
Jannah, A. C. R. (2023). Peran Musik Religi Dengan Kesehatan Mental Pada Mahasiswa. At-Taujih: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 83-95.
Khan, H. I. (2002). Dimensi Mistik Musik dan Bunyi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Sufi
Khuluq, A. (2019). Alat Musik Tradisional Nusantara. Surabaya: PT Jepe. Press Media
Kurniawan, A., & Firmansyah, D. (2020). Seni Musik Etnik Hadrah Nur Muhammad di Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas Kajian Bentuk Sajian dan Struktur Musik. GETER: Jurnal Seni Drama, Tari dan Musik, 3(1), 52-63.
Merriam, P. (1964). The Anthropology of Music.Chicago: North WesternUniversity Press.
Merrit, S. (2003). Simponi Otak. Bandung: Mizan Media Utama.
Mu'asaroh, H. P., & Noor, N. L. A. (2021). Eksplorasi etnomatematika bentuk alat musik Rebana. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 69-80.
Purwiyantini, Y., Aji, M. P., & Sulhadi, S. (2016, October). Analisis Akustik Alat Musik Rebana. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016-CIP).
Raharjo, E. (2007). Musik sebagai media terapi. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 8(3).
Rosid, H. A., & Mulyana, Y. (2017). Pengembangan Usaha Alat Musik Marawis di Kota Bandung. Wirausaha Jurnal Bisnis, 10(2), 984-990.
Rumengan, Perry. (2023). Musik Liturgi Gereja. Pohon Cahaya.
Schechner, R. (2002). Performance Studies: An Introduction. New York: Routledge.
Shaleha, R. R. A. (2019). Do re mi: Psikologi, musik, dan budaya. Buletin Psikologi, 27(1), 43-51.
Sholikha, S. M. (2018). Pengaruh Kesenian Hadrah Al-Banjari Dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (Sq) Remaja Di Desa Konang Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Sinaga, S. S. (2017). Pemanfaatan Pemutaran Musik Trhadap Psikologis Pasien Pada Klinik Ellena Skin Care di Kota Surakarta. Jurnal Seni Musik, 6(2).
Suares, R., & Hestiningsih, I. (2016). Game Pembelajaran Alat Musik Tradisional Rebana Berbasis Android. JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan), 5(1), 51-59.
Sunarmi, S. (2004). Tari Maengket Perspektif Pemikiran di Balik Ritual Pergaulan di Minahasa. Tesis Program Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta
Wahyudi, A. (2010). Dakwah Melalui Musik (Kiprah Opick dalam Berdakwah Melalui Musik). Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Diunduh dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45774.
Yusuf, M. (2018). Seni Sebagai Media Dakwah. Ath-Thariq: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 2(1), 237-258.
Zayyadi, H. A. (2021). Peran musik kontemporer sebagai media dakwah: Studi kasus grup Jagong Maton di Pesantren Rakyat Sumberpucung Kab. Malang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Diunduh dari http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/34352.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.