Penggunaan Media Sosial Pada Minat Berwirausaha Melalui Kreativitas Anak Muda Kota Amuntai
DOI:
https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.4904Keywords:
media sosial, minat berwirausaha, kreativitasAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kemampuan berwirausaha di Indonesia masih dikatakan tergolong rendah dibandingkan dengan negara di kawasan Asia Pasifik Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya minat berwirausaha pada anak muda Munculnya minat berwirausaha dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu media sosial Salah satu variabel yang ditemukan berhubungan dengan minat berwirausaha adalah kreativitas Selain itu berkembangnya media sosial juga dapat memunculkan suatu kreativitas dari anak muda Total sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling Penelitian ini menggunakan sumber data primer kuesioner dengan teknis analisis menggunakan analisis jalur menggunakan program SPSS Versi 25 Hasil penelitian menunjukkan jika media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha Selanjutnya pengujian media sosial terhadap kreativitas menunjukan hasil positif signifikan terhadap kreativitas Pengujian ketiga yaitu kreativitas terhadap minat berwirausaha menunjukkan hasil bahwa kreativitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha Terakhir yaitu hasil uji sobel menunjukkan bahwa kreativitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan sebagai variabel mediator antara media sosial terhadap minat berwirausaha < em>< p>
< p>
The focus of this research is to analyze the growing social media whether it will affect young people s interest in entrepreneuship and creativity possessed by young peopleas a mediator variable whether it will affect social media on entrepreneurial interest indirectly or vice versa The total sample is 100 respondents with the sampling technique using purposive sampling This study uses a primary data source qoestionnaire with technical analysis using path analysis using the SPSS Version 25 program The result show H1 that social media has a significant positive effect on entrepreneurial interest H2 namely social media on creativity showed significant positive results on creativity H3 which is creativity has a significant positive effect on interest in entrepreneuship Finally H4 the sobel test result shows that creativity does not have a significant effect as a mediator variable between socal media and interest in entrepreneuship < em>< p>
Downloads
References
Agustina C 2019 Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS di Rumah Sakit Umum Dr Soekardjo Kota Tasikmalaya Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 5 3 324 334 https: doi org 10 25147 moderat v5i3 2715
Amanda L Yanuar F Devianto D 2019 Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang Jurnal Matematika UNAND 8 1 179 https: doi org 10 25077 jmu 8 1 179 188 2019
Andlika V Hendriyani 2010 Pengaruh anonimitas Terhadap Frekuensi Online Hate Speech: Analisis Isi Akun Instagram @prabowomondardo Universitas Indonesia
Fajar A Syam A Rahmatullah Rakib M Tahir T 2020 Pengaruh Pengetahuan dan Kreativitas Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirusaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Indonesian Journal of Social and Educational Studies 1 2 34 44
Ferniansyah A Nursanti S Nayiroh L 2021 Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Berpikir Generasi Z 6 9 https: doi org 10 36418 syntax literate v6i9 2700
Fitri A N Pertiwi L B Sary M P 2021 Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019 Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi 13 1 37 47 https: doi org 10 23917 komuniti v13i1 13045
Fu adi I F Budiarso E Murdani 2008 Hubungan Minat Berwirausaha Dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008 2009 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 9 2 92 99 https: doi org 10 15294 jptm v9i2 205
Gustina M Sumiati A Mardi 2021 Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 18 2 133 152
Hair J F Black W C Babin B J Anderson R E 2014 Multivariate Data Analysis In Prentice Hall Inc Vol 1 Issue 6 https: doi org 10 1038 259433b0
Hapsah R Savira S I 2015 Hubungan Antara Self Efficacy dan Kreativitas Dengan Minat Berwirausaha Jurnal Psikologi Teori Terapan 5 2 2087 1708 https: doi org 10 26740 jptt v5n2 p80 89
Hasanah F A Rafsanjani M A 2021 Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Kreativitas Sebagai Variabel Mediator JPEK Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan 5 1 162 174 https: doi org 10 29408 jpek v5i1 3440
Indoworo H E 2016 Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media Jurnal Informatika Upgris 2 1 45 56 https: doi org 10 26877 jiu v2i1 1067
Irwansyah Nova Sartika Sirait L 2021 Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berusaha Mahasiswa Pendidian Bisnis STAMBUK 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan NIagawan 10 3 254 230 https: doi org 10 24114 niaga v10i3 27289
Kasmir 2008 Kewirausahaan PT Raya Grasindo Persada
Kotler P Keller K L 2016 Marketing management In Upper Sadlle River 15th ed Pearson https: doi org 10 1108 ssmt 2001 21913cab 040
Kusumadewi A N Fitriani H N 2020 Implementasi Jiwa Wirausaha Dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswi Purwakarta E Qien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 7 2 87 94
Listiawati M Dyah C Susantiningrum S I 2020 Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha di Mahasiswa FKIP UNS JKB 25 1 27 37
Littlejohn S Foss K A 2011 Teori Komunikasi 9th ed Indeks
Marlianto F Ramadhani D Permana R 2016 Pengaruh Media Sosial Terhadap Kreativitas dan Kepribadian Mahasiswa Pendidikan TIK IKIP PGRI Pontianak Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains 5 2 212 226 https: doi org 10 31571 saintek v5i2 346
Purwanto A 2021 The Role of the Use of Social Media and Family Environment on Entrepreneurial Interest of Private University Students Journal of Industrial Engineering Management Research 2 6 33 43 https: doi org 10 7777 jiemar v2i6 219
Putri T K Ahyanuardi 2021 Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga dan Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 2 2 86 93 https: doi org 10 24036 jpte v2i2 122
Rapii M 2019 Mengukur Potensi Wirausaha pada Program Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi JMK Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 4 2 126 https: doi org 10 32503 jmk v4i2 487
Rubiyati Asrori M Wicaksono L 2018 Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Kreativitas Belajar Pada Remaja Kelas VII Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa JPPK 7 5 1 8
Setyaji B Yanto H Prihandono D 2020 The Role of Personality Adversity Intelligence and Creativity in Increasing Entrepreneurial Interest Through Student Involvement in Entrepreneurship Lectures Journal of Economic Education 9 1 9 18 https: doi org JEEC V9I1 36789
Slameto 2010 Belajar dan Faktor faktor yang mempengaruhinya 4th ed PT Rineka Cipta
Solis B 2010 Engange: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build Cultivate and Measure Success on The Web John Wiley Sons
Sugiarto M Kusuma I H Permana T 2015 Hubungan Antara Kreativitas Berwirausaha Dengan Minat Berwirausaha Perbengkelan Otomotif Siswa SMK Journal of Mechanical Engineering Education 2 2 226 235 https: doi org 10 17509 jmee v2i2 1483
Susanto A 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran Salemba Empat
Syaifudin A Sagoro E M 2017 Pengaruh Kepribadian Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi 5 8 1 18

