Penggunaan Media Sosial Pada Minat Berwirausaha Melalui Kreativitas Anak Muda Kota Amuntai

Authors

  • Julia Afria Universitas Negeri Malang
  • Naswan Suharsono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.4904

Keywords:

media sosial, minat berwirausaha, kreativitas

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kemampuan berwirausaha di Indonesia masih dikatakan tergolong rendah dibandingkan dengan negara di kawasan Asia Pasifik. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya minat berwirausaha pada anak muda. Munculnya minat berwirausaha dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu media sosial. Salah satu variabel yang ditemukan berhubungan dengan minat berwirausaha adalah kreativitas. Selain itu, berkembangnya media sosial juga dapat memunculkan suatu kreativitas dari anak muda. Total sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan sumber data primer kuesioner dengan teknis analisis menggunakan analisis jalur menggunakan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan jika media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha. Selanjutnya pengujian media sosial terhadap kreativitas menunjukan hasil positif signifikan terhadap kreativitas. Pengujian ketiga yaitu kreativitas terhadap minat berwirausaha menunjukkan hasil bahwa kreativitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha. Terakhir yaitu hasil uji sobel menunjukkan bahwa kreativitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan sebagai variabel mediator antara media sosial terhadap minat berwirausaha.

 

The focus of this research is to analyze the growing social media whether it will affect young people’s interest in entrepreneuship and creativity possessed by young peopleas a mediator variable whether it will affect social media on entrepreneurial interest indirectly or vice versa. The total sample is 100 respondents with the sampling technique using purposive sampling. This study uses a primary data source qoestionnaire with technical analysis using path analysis using the SPSS Version 25 program. The result show H1 that social media has a significant positive effect on entrepreneurial interest. H2, namely social media on creativity showed significant positive results on creativity. H3 which is creativity has a significant positive effect on interest in entrepreneuship. Finally, H4 the sobel test result, shows that creativity does not have a significant effect as a mediator variable between socal media and interest in entrepreneuship.

References

Agustina, C. (2019). Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. (BPJS) di Rumah Sakit Umum Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 324–334. https://doi.org/10.25147/moderat.v5i3.2715

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Andlika, V., & Hendriyani. (2010). Pengaruh anonimitas Terhadap Frekuensi Online Hate Speech: Analisis Isi Akun Instagram @prabowomondardo. Universitas Indonesia.

Fajar, A., Syam, A., Rahmatullah, Rakib, M., & Tahir, T. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Kreativitas Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirusaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(2), 34–44.

Ferniansyah, A., Nursanti, S., & Nayiroh, L. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Berpikir Generasi Z. 6(9). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.2700

Fitri, A. N., Pertiwi, L. B., & Sary, M. P. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 13(1), 37–47. https://doi.org/10.23917/komuniti.v13i1.13045

Fu’adi, I. F., Budiarso, E., & Murdani. (2008). Hubungan Minat Berwirausaha Dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(2), 92–99. https://doi.org/10.15294/jptm.v9i2.205

Gustina, M., Sumiati, A., & Mardi. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 133–152.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. In Prentice-Hall, Inc (Vol. 1, Issue 6). https://doi.org/10.1038/259433b0

Hapsah, R., & Savira, S. I. (2015). Hubungan Antara Self Efficacy dan Kreativitas Dengan Minat Berwirausaha. Jurnal Psikologi Teori & Terapan, 5(2), 2087–1708. https://doi.org/10.26740/jptt.v5n2.p80-89

Hasanah, F. A., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Kreativitas Sebagai Variabel Mediator. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 162–174. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3440

Indoworo, H. E. (2016). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media. Jurnal Informatika Upgris, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.26877/jiu.v2i1.1067

Irwansyah, & Nova Sartika Sirait, L. (2021). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berusaha Mahasiswa Pendidian Bisnis STAMBUK 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. NIagawan, 10(3), 254–230. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i3.27289

Kasmir. (2008). Kewirausahaan. PT. Raya Grasindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. In Upper Sadlle River (15th ed.). Pearson. https://doi.org/10.1108/ssmt.2001.21913cab.040

Kusumadewi, A. N., & Fitriani, H. N. (2020). Implementasi Jiwa Wirausaha Dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswi Purwakarta. E-Qien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 87–94.

Listiawati, M., Dyah, C., & Susantiningrum, S. I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha di Mahasiswa FKIP UNS. JKB, 25(1), 27–37.

Littlejohn, S., & Foss, K. A. (2011). Teori Komunikasi (9th ed.). Indeks.

Marlianto, F., Ramadhani, D., & Permana, R. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kreativitas dan Kepribadian Mahasiswa Pendidikan TIK IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(2), 212–226. https://doi.org/10.31571/saintek.v5i2.346

Purwanto, A. (2021). The Role of the Use of Social-Media and Family Environment on Entrepreneurial Interest of Private University Students. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 33–43. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.219

Putri, T. K., & Ahyanuardi. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga dan Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.24036/jpte.v2i2.122

Rapii, M. (2019). Mengukur Potensi Wirausaha pada Program Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(2), 126. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i2.487

Rubiyati, Asrori, M., & Wicaksono, L. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Kreativitas Belajar Pada Remaja Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(5), 1–8.

Setyaji, B., Yanto, H., & Prihandono, D. (2020). The Role of Personality, Adversity Intelligence and Creativity in Increasing Entrepreneurial Interest Through Student Involvement in Entrepreneurship Lectures. Journal of Economic Education, 9(1), 9–18. https://doi.org/JEEC.V9I1.36789

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya (4th ed.). PT. Rineka Cipta.

Solis, B. (2010). Engange: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build Cultivate and Measure Success on The Web. John Wiley & Sons.

Sugiarto, M., Kusuma, I. H., & Permana, T. (2015). Hubungan Antara Kreativitas Berwirausaha Dengan Minat Berwirausaha Perbengkelan Otomotif Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(2), 226–235. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i2.1483

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Salemba Empat.

Syaifudin, A., & Sagoro, E. M. (2017). Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(8), 1–18.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Afria, J., & Suharsono, N. . (2023). Penggunaan Media Sosial Pada Minat Berwirausaha Melalui Kreativitas Anak Muda Kota Amuntai. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 1-16. https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.4904