https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/marisekola/issue/feedMARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi2024-02-26T03:11:25+00:00Victor R. Sulangivictorsulangi@unima.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi</strong> (ISSN 2774-6879) is a scientific publication that provides a forum for mathematics education researchers to present their new ideas, innovation, or findings of studies in the field of mathematics education as well as collaborative research related to mathematics education. The journal is published by the Mathematics Department, Faculty of Mathematics, Science, and Earth Sciences at the State University of Manado. The journal is published only twice a year – April and October.</p>https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/marisekola/article/view/8616Development Learning Design of Linear Inequality of Two Variables with GeoGebra Classroom Assisted Discovery Learning Model2024-02-16T07:30:12+00:00Derel F. Kaunangderelfiland@gmail.comVictor R. Sulangivictorsulangi@unima.ac.idMilytia C. Kamu 18504015@unima.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran pertidaksamaan linier dua variabel dengan model pembelajaran kelas Discovery Learning GeoGebra yang valid, praktis dan efektif dengan menggunakan metode Educational Design Research (EDR). Tahapan yang dilakukan meliputi tahap analisis, tahap perancangan, tahap evaluasi, tahap pematangan intervensi dan tahap implementasi. Hasil validasi menunjukkan rata-rata nilai total validasi RPP sebesar 96,4%, rata-rata nilai total validasi Lembar Kinerja Siswa sebesar 93,2%, rata-rata nilai total validasi THB sebesar 95% dengan kategori sangat baik sehingga memenuhi valid kriteria. Hasil angket respon siswa >80% berada pada kategori baik, sehingga produk desain pembelajaran yang dikembangkan dapat dijelaskan secara praktis. Hasil belajar siswa yang menggunakan desain pembelajaran yang dikembangkan dijelaskan secara efektif karena lebih terlihat dibandingkan siswa yang tidak menggunakan desain pembelajaran yang dikembangkan, hal ini ditunjukkan dari hasil uji normalitas dan uji T dengan menggunakan SPSS. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif.</p>2024-10-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Derel F. Kaunang, Victor R. Sulangi, Milytia C. Kamu https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/marisekola/article/view/8515Study of the Application of Problem-Based Learning in Mathematical Statistics Lectures on Students' Concept Understanding2024-01-28T05:44:53+00:00Vivian E. Regarvivian_regar@unima.ac.idJohanis C. F. Repijohanisrepi@unima.ac.id<p>Kemampuan memahami konsep merupakan kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh mahasiswa agar dapat lebih memahami materi yang diajarkan. Dalam mempelajari statistika matematika, siswa dituntut untuk mampu menerapkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mampu memecahkan masalah. Pendekatan pembelajaran yang menggunakan permasalahan dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk mempelajari berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi pelajaran adalah pembelajaran berbasis masalah (PBL). PBL digunakan untuk merangsang pemikiran tingkat tinggi dalam situasi berorientasi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model <em>Problem-Based Learning</em> (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata kuliah Statistika Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Jurusan Matematika semester 4 tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa dalam memahami materi Statistika Matematika yang diajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan perhitungan interpretasi skor terhadap respon siswa terlihat bahwa respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis masalah adalah sebesar 86,16%. Begitu pula dengan rata-rata persentase aktivitas mahasiswa aktif dalam perkuliahan sebesar 84,37%. Dengan demikian, hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dalam proses perkuliahan dapat meningkatkan pemahaman konseptual siswa dalam memahami konsep materi statistika matematika.</p>2024-10-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Vivian E. Regarhttps://ejurnal.unima.ac.id/index.php/marisekola/article/view/8470Investigating Education Students’ Numeracy Skills2024-01-24T13:35:22+00:00Ermita Ermitaermita@unima.ac.idKhadijah Khadijahkhadijah0611@gmail.comSutamrin Sutamrintamrin.mm@unm.ac.idRosauli N. Samosirrosaulisamosir@unima.ac.id<p>Sehubungan dengan terbitnya Permendikbudristek No. 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional, khususnya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), literasi dan numerasi menjadi perbincangan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Namun penelitian mengenai topik ini hanya berkisar pada siswa sekolah dasar dan menengah. Penelitian yang berkaitan dengan tingkat numerasi orang dewasa masih sedikit, dalam hal ini adalah guru atau mahasiswa di program studi pendidikan (mahasiswa yang sedang menjalani pelatihan menjadi guru). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagian mana dari numerasi yang menjadi kelemahan mahasiswa program studi pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Penelitian ini melibatkan tiga mahasiswa pendidikan dari salah satu universitas di Sulawesi Utara. Data yang dikumpulkan bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung mahasiswa prodi pendidikan berdasarkan kemampuannya dalam menyelesaikan soal-soal jenis AKM. Peneliti menganalisis pekerjaan tiga siswa pendidikan pada tes yang terdiri dari tiga jenis soal yang berbeda (masalah numerasi yang mirip dengan soal-soal AKM). Berdasarkan studi ini, peneliti menemukan bahwa mahasiswa prodi pendidikan yang terlibat dalam penelitian, mengalami masalah dalam memahami konsep matematika yang disajikan dalam konteks tertentu. Ketiganya masih memahami matematika sebagai mata pelajaran yang perlu dihafal rumusnya dibandingkan memahami cara pengembangan rumusnya.</p>2024-10-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ermita, Khadijah, Sutamrin, Rosauli N. Samosirhttps://ejurnal.unima.ac.id/index.php/marisekola/article/view/8452Efektivitas Metode Guided Noted Taking (GNT) terhadap Pembelajaran Matematika pada Peserta didik Sekolah Menengah Pertama2024-01-24T12:08:14+00:00Miftahul Jannahjannahmiftahul@unima.ac.idNurdin Rahimnurdin.rahim89@gmail.comBaharuddin Baharuddinbaharuddin.fmipa@unm.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode <em>guided note taking</em> (GNT) terhadap pembelajaran matematika materi aljabar di kelas VIII.7 pada peserta didik SMPN 12 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan <em>One Group Pretest and Posttest Design</em>, dengan sampel sebanyak 32 peserta didik kelas VIII.7. Tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas dan angket respon peserta didik merupakan instrumen dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata tes hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode GNT dengan rata-rata nilai gain yaitu 0,69. Dari hasil tes tersebut diperoleh 29 peserta didik telah mencapai ketuntasan individu, ini berarti ketuntasan klasikal telah tercapai. Rata-rata persentase aktivitas peserta didik adalah 83,37% dan respon positif peserta didik terhadap penerapan metode GNT adalah 86,25%. Dari hasil penelitian, indikator keefektifan yakni hasil belajar, aktivitas, dan respon peserta didik telah tercapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode GNT efektif dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMPN 12 Makassar.</p>2024-10-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Miftahul Jannah, Nurdin Rahim, Baharuddinhttps://ejurnal.unima.ac.id/index.php/marisekola/article/view/8361Kontrol Optimal terhadap Dinamika Penyebaran Penyalahgunaan Narkoba Tingkat Berat pada Model Matematika SAHTR2024-01-24T07:23:08+00:00Nita Anggrianinita_anggriani@unima.ac.idLilis Handayanililishandayani308@gmail.comHelen Y. Angmalisanghelenangmalisang@unima.ac.id<p>Penyebaran penyalahgunaan narkoba di Indonesia yang setiap tahunnya semakin meningkat sebesar 24%-28%, terutama dikalangan remaja dimana pada tahun 2018 diperkirakan terdapat 2,29 juta orang berusia 15-35 tahun yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba tersebut. Artikel ini membahas tentang analisis kontrol optimal model matematika penyebaran penyalahgunaan narkoba dengan lima kelas populasi dari pengembangan model yaitu kelas populasi yang rentan menyalahgunakan narkoba atau <em>Susceptible</em> (S), tingkat penyalahgunaan narkoba ringan (A), penyalahgunaan tingkat berat (H), penyalahgunaan melakukan pengobatan (T), dan penyalahgunaaan mengalami pemulihan (R). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model penyebaran penyalahgunaan narkoba dengan menggunakan penerapan kampanye dan penguatan terhadap pisikologi diri atau konseling setelah individu tersebut melakukan proses penyembuhan. Sistem digunakan pada penelitian ini yaitu prisip minimum Pontryagin kemudian diselesaikan secara numerik menggunakan metode Forward-Backward Sweep dengan menggunakan software matlab. Akumulasi pengguna narkoba tingkat berat dengan menggunakan metode jumlahan Riemann dengan membandingkan penyalahgunaan narkoba tingkat berat dengan kontrol optimal dan tanpa kontrol. Penggunaan penerapan kampanye dan penguatan terhadap pisikologi diri atau konseling pada model matematika penyebaran penyalahgunaan narkoba berhasil menurunkan sebanyak 37,87% jumlah individu terhadap penyalahgunaan narkoba tingkat berat. Hasil simulasi yang diperoleh penerapan kampanye dan penguatan terhadap pisikologi diri atau konseling maka penyebaran penyalahgunaan narkoba lebih cepat diberantas ketika sejak awal diberikan jumlah besar. Penerapan kampanye dan penguatan konseling diri pada dinamika penyebaran penyalahgunaan narkoba perlu diberikan jangka waktu yang lama agar terjadi pencegahan penyebaran penyalahgunaan narkoba.</p>2024-10-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Nita Anggriani, Lilis Handayani, Helen Y. Angmalisanghttps://ejurnal.unima.ac.id/index.php/marisekola/article/view/8645Meningkatkan Hasil Belajar Anak dalam Berhitung Bilangan 1-10 pada Kelompok A, TK Amzar Molinow2024-02-26T03:11:25+00:00Hasnawati Paputunganhasnawati.paputungan@yahoo.comRosiah Pulukadangrosiahpulukadang@unima.ac.id<p>Penguasaan materi bilangan di Taman Kanak-Kanak Kelompok A cenderung masih sangat kurang. Anak-anak pada kelompok ini cenderung masih menghafal dan belum memahami konsep dasar bilangan dan konsep dasar berhitung. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih monoton dan kurang menggunakan variasi media. Anak-anak menjadi kurang termotivasi dalam belajar dan mengakibatkan belum optimalnya hasil belajar anak dalam materi mengenal dan menghitung bilangan 1- 10. Masalah ini juga menjadi salah satu yang sering dihadapi oleh anak kelompok A di TK Amzar Molinow. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar anak dalam mengenal konsep dasar bilangan dan berhitung. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki dua siklus dengan masing-masing siklus yang terdiri dari empat tahapan. Tahapan tersebut secara berturut-turut adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dalam studi ini adalah 10 anak di Kelompok A, TK Amzar Molinow. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis tersebut ditemukan bahwa penggunaan media gambar buah apel dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar anak dalam mengenal konsep bilangan di TK Amzar Molinow. Oleh karena itu, studi ini menyarankan kepada guru TK, dalam meningkatkan hasil belajar anak dapat menggunakan media gambar buah apel sebagai alternatif metode pembelajaran pengenalan bilangan 1-10 di kelas.</p>2024-10-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Hasnawati Paputunganhttps://ejurnal.unima.ac.id/index.php/marisekola/article/view/5132Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika Kelas XII2022-09-26T14:35:49+00:00Megawati Maweikharistamega@gmail.comSantje M. Salajangsantjesalajang@unima.ac.idIchdar Domuichdardomu@unima.ac.id<p>Pelaksanaan riset berikut dilatarbelakangi dengan hasil observasi yang ditemukan saat era pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Langowan bahwasanya hasil belajar matematika murid belum meraih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta keluhan murid mengenai minimnya pengetahuan konsep terkait materi yang diberikan karena materi yang diberikan hanya dikirimkan dalam bentuk teks untuk dipelajari siswa secara mandiri maka murid merasakan kebosanan dan malas belajar, serta menganggap matematika itu sulit. Penyelenggaraan riset mempunyai tujuan supaya memahami apakah hasil belajar murid yang mempergunakan media pengajaran Sparkol Videoscribe lebih tinggi daripada murid yang mempergunakan pengajaran konvensional untuk materi statistika kelas XII di SMA Negeri 1 Langowan. Metode riset yakni eksperimen dan mempunyai desain riset yaitu <em>Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design</em>. Pengambilan sampel dari 2 kelas dengan mengacak yakni kelas XII MIPA 1 yang merupakan kelas eksperimen serta kelas XII MIPA 3 yang merupakan kelas kontrol berjumlah masing-masing kelas yaitu 30 siswa. Data hasil riset dilakukan analisis mempergunakan uji-t dan menandakan bahwa nilai t<sub>hitung</sub> = 16,833 > t<sub>tabel</sub> = 2,002 bertaraf nyata α = 0,05 ini maknanya tolak H<sub>0</sub> sementara terima H<sub>1</sub>. Maka begitu, hasil belajar murid yang mempergunakan media pengajaran Sparkol Videoscribe lebih tinggi daripada murid yang mempergunakan pengajaran konvensional. Artinya penggunaan media pengajaran Sparkol Videoscribe berpengaruh kepada hasil belajar murid dalam materi statistika kelas XII di SMA Negeri 1 Langowan.</p>2024-10-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Megawati Mawei, Santje M. Salajang, Ichdar Domu