PENGARUH GAYA MENGAJAR DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA FIKKM UNIMA

Authors

  • Deserius Dogomo Universitas Negeri Manado
  • Eduard E. Kumenap Universitas Negeri Manado
  • Yuliana Sattu Universitas Negeri Manado

Keywords:

Gaya Mengajar Komando, Gerak Dasar Pada Pasing.

Abstract

Dalam penelitian ini, fokus utamanya adalah untuk mengevaluasi dampak dari penggunaan metode demonstrasi terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli pada mahasiswa jurusan Pendidikan Olahraga FIKKM UNIMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan rata-rata skor kemampuan passing bawah antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pengajaran dengan metode demonstrasi dan kelompok kontrol yang tidak mengalami perlakuan khusus. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi yang menjadi subjek penelitian terdiri dari seluruh mahasiswa kelas A Semester III Jurusan Pendidikan Olahraga FIKKM UNIMA, yang berjumlah sebanyak 20 orang. Seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan passing bawah adalah Tes kemampuan passing bawah yang dikembangkan oleh Abdullah.

Hasil analisis statistik menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 3.00. Dengan mengacu pada tabel distribusi t pada tingkat signifikansi α=0,05 dan derajat kebebasan n1 + n2 - 2 = 10 + 10 - 2 = 18, nilai t tabel yang diperoleh adalah 2.101. Dari perbandingan ini, dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung (3.00) melebihi nilai t tabel (2.101). Menurut kriteria pengujian, jika nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel (t hitung > t tabel), maka hipotesis nol (Ho) harus ditolak, yang pada gilirannya berarti hipotesis alternatif (HA) dapat diterima. Dari hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa rata-rata kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli pada kelompok mahasiswa yang diajar dengan metode demonstrasi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Downloads

Published

2024-12-05