TINGKAT iKESEGARAN iJASMANI iSISWA iSMA iNEGERI iI iGURU iLOMBOK iKALAWAT
Keywords:
iTingkat iKesegaran iJasmani iSiswaAbstract
Sekolah Menengah Atas Negeri Guru Lombok Kalawat sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berada di Kabupaten Minahasa Utara sebagaimana sekolah-sekolah yang berada di daerah lain yang telah melaksanakan kurikulum 2013 sejak tahun pelajaran 2013/2014 tentu menerapkan kebijakan yang bersifat nasional berupa pelaksanaan kurikulum pendidikan yang terbaru adalah kurikulum Merdeka Belajar yang terkait dengan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, yang dalam implementasinya melakukan pembelajaran praktek berupa aktivitas fisik berdasarkan isi materi kurikulum yang dilakukan oleh siswa setiap minggu (satu kali dalam seminggu) dengan durasi waktu 2 jam pelajaran yang bertujuan antara lain adalah agar siswa memiliki keterampilan, pengetahuan dan kualitas fisik atau kesegaran jasmani yang baik. Sebagai pribadi maupun kelompok masyarakat (masyarakat sekolah), maka siswa SMA yang sedang menuntut ilmu idealnya tetap memiliki kesegaran jasmani yang tinggi karena banyak menghadapi tugas-tugas akademik maupun dan non akademik serta kegiatan-kegiatan fisik lain seperti kegiatan sesudah selesai kegiatan intrakurikuler itu kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada sore hari. Seleksi masuk di sekolah SMA Negeri 1 Guru Lombok Kalawat tidak menempatkan tes kemampuan fisik dalam hal ini tes kesegaran jasmani sebagai salah satu prasyarat penerimaan siswa baru sehingga kondisi tingkat kesegaran jasmani siswa tidak diketahui dengan jelas. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif. Variable yang menjadi variabel penelitian adalah Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa-siswa. Populasi adalah seluruh siswa SMA Negeri Guru Lombok Kecamatan Kalawat kelas 12 tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 85 orang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang yang terdiri atas 29 siswa putri dan 23 siswa putra.