Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Kemampuan Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw Peserta Didik Putra SMP Negeri 6 Tondano
Keywords:
Gaya Mengajar Resiprokal, Sepak Sila, Sepak TakrawAbstract
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMP Negeri 6 Tondano, terlihat bahwa hanya sebagian kecil siswa yang memiliki kemampuan yang baik dalam sepak takraw, terutama dalam teknik dasar sepak sila. Kurangnya antusiasme di antara para siswa untuk berlatih sepak sila selama pertandingan, serta fasilitas, infrastruktur, dan kondisi fisik yang tidak memadai, dapat diidentifikasi sebagai penyebab utama. Akibatnya, banyak siswa yang kesulitan untuk melakukan ayunan kaki yang akurat dan mempertahankan kontrol atas bola, yang menyebabkan seringnya bola keluar dari lapangan. Pada akhirnya, sebagian besar siswa tidak memiliki kemahiran dalam mengeksekusi keterampilan dasar sepak bola sila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik putra SMP Negeri 6 Tondano yang berjumlah 67 orang dan sampel berjumlah 20 peserta didik. Hasil analisis statistik dengan menggunakan statistik uji t, diperoleh thitung senilai 3.59. Berdasarkan table distribusi t pada dengan derajat kebebasan n1 + n2-2 =10 +10 -2 = 18 maka diperoleh ttabelsenilai 2.101. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung = 3.59 >ttabel = 2.101. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode mengajar resiprokal memiliki dampak yang signifikan terhadap kemahiran dalam keterampilan sepak sila di antara siswa laki-laki SMP Negeri 6 Tondano dalam permainan sepak takraw.