PERSEPSI MAHASISWA PENJAS DAN PGSD FKIP UNPATTI TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH PENDIDIKAN KESEHATAN
Keywords:
ChatGPT, Karya Ilmiah, Persepsi MahasiswaAbstract
Penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa PGSD dan Penjas FKIP UNPATTI terhadap penggunaan ChatGPT dalam penulisan karya ilmiah pendidikan kesehatan Metode yang digunakan adalah survei kualitatif pre test dan post test terhadap 80 mahasiswa setelah intervensi pelatihan dan penggunaan ChatGPT untuk menyusun karya ilmiah 3000 kata Hasil menunjukkan: nbsp; Peningkatan Penerimaan: Niat penggunaan ChatGPT meningkat signifikan pasca intervensi didorong oleh persepsi kemudahan penggunaan dan manfaat kinerja; Manfaat Utama: ChatGPT efektif untuk brainstorming < em> ide menyusun kerangka karya ilmiah meningkatkan kreativitas dan efisiensi penulisan; Keterbatasan Kritis: Mahasiswa mengkhawatirkan ketidakakuratan referensi halusinasi fakta palsu ketergantungan berlebihan serta ketidaklayakan untuk tugas kompleks matematika etika dan penulisan karya ilmiah kesehatan medis ; Implikasi: Diperlukan pendekatan seimbang dalam integrasi ChatGPT melengkapi metode tradisional tanpa mengorbankan integritas akademik serta pelatihan rekayasa prompt< em> dan literasi AI artificial intelegence< em> nbsp;< p>
