PERSEPSI MAHASISWA PENJAS DAN PGSD FKIP UNPATTI TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH PENDIDIKAN KESEHATAN
Keywords:
ChatGPT, Karya Ilmiah, Persepsi MahasiswaAbstract
Penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa PGSD dan Penjas FKIP UNPATTI terhadap penggunaan ChatGPT dalam penulisan karya ilmiah pendidikan kesehatan. Metode yang digunakan adalah survei kualitatif pre-test dan post-test terhadap 80 mahasiswa setelah intervensi pelatihan dan penggunaan ChatGPT untuk menyusun karya ilmiah 3000 kata. Hasil menunjukkan: Peningkatan Penerimaan: Niat penggunaan ChatGPT meningkat signifikan pasca-intervensi, didorong oleh persepsi kemudahan penggunaan dan manfaat kinerja; Manfaat Utama: ChatGPT efektif untuk brainstorming, ide menyusun kerangka karya ilmiah, meningkatkan kreativitas, dan efisiensi penulisan; Keterbatasan Kritis: Mahasiswa mengkhawatirkan ketidakakuratan referensi, halusinasi (fakta palsu), ketergantungan berlebihan, serta ketidaklayakan untuk tugas kompleks (matematika, etika, dan penulisan karya ilmiah kesehatan medis); Implikasi: Diperlukan pendekatan seimbang dalam integrasi ChatGPT melengkapi metode tradisional tanpa mengorbankan integritas akademik serta pelatihan rekayasa prompt dan literasi AI artificial intelegence.