Pengaruh Gaya Mengajar Komando Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Shooting Menggunakan Punggung Kaki Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas 8 Di SMP Negeri 4 Tondano

Authors

  • Randy Siloam Hendri Universitas Negeri Manado
  • Yuliana Sattu Universitas Negeri Manado
  • Cindy Ranti Rantung Universitas Negeri Manado

Keywords:

Gaya Mengajar Komando, Shooting

Abstract

Sepak bola adalah jenis olahraga yang dimainkan oleh dua tim. Olahraga ini memiliki istilah yang berbeda dibandingkan dengan yang lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh fakta bahwa semua anggota tubuh digunakan dalam bermain sepak bola. Metode pengajaran komando adalah cara mengajar di mana semua keputusan diambil oleh guru. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, diketahui bahwa nilai thitung = 16,819 lebih besar dibanding ttabel = 2,048. Dengan begitu, hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Ini berarti bahwa latihan shooting menggunakan punggung kaki dengan metode gaya mengajar komando selama satu bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Tondano dalam menendang bola. Sebelum latihan dimulai, dilakukan tes awal (pre-test), dan setelah latihan dilakukan kembali tes akhir (post-test). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain acak kelompok, di mana guru memberikan contoh terlebih dahulu yang kemudian ditiru dan dipraktikkan oleh siswa. Jumlah siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah seluruh siswa laki-laki SMP Negeri 4 Tondano, yaitu 120 orang, dan pengumpulan data dilakukan melalui uji keterampilan shooting.

Downloads

Published

2025-06-17

Issue

Section

Articles