PENGARUH PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PASING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 TONDANO
Keywords:
Metode Pengajaran Resiprokal, Pasing BawahAbstract
Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode pengajaran resiprokal dapat mempengaruhi hasil belajar pasing bawah pada permainan voli di SMA Negeri 2 Tondano. Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah rata-rata skor hasil belajar pasing bawah pada kelompok eksperimen yang diajar dengan metode resiprokal lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor pada kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode tersebut. Cara yang dipakai dalam riset ini adalah uji coba. Subjek yang terlibat adalah pelajar kelas SMA Negeri 2 Tondano yang berkisar 30 orang, terpecah menjadi dua grup; grup eksperimen yang mendapatkan pengajaran resiprokal sebanyak 15 orang dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan juga sebanyak 15 orang. Penelitian dilakukan selama satu bulan dengan frekuensi tiga kali per minggu. Desain penelitian yang dipilih adalah "Rancangan kelompok kontrol acak dengan uji coba awal dan akhir. " Instrumen yang digunakan adalah tes untuk pasing bawah dalam bola voli. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik uji-t, yang sebelumnya dilengkapi dengan pengujian normalitas dan uji homogenitas varians.