PENGARUH PENERAPAN GAYA MENGAJAR PERIKSA DIRI TERHADAP GERAK DASAR TOLAK PELURU DALAM ATLETIK PADA PESERTA DIDIK SMP KRISTEN TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.53682/Keywords:
Gaya mengajar periksa diri, tolak peluru dalam atletikAbstract
Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa penerapan gaya mengajar periksa diri mampu meningkatkan keterampilan dasar tolak peluru secara signifikan pada peserta didik SMP Kristen Tomohon. Dalam penelitian ini, 30 siswa SMP Kristen Tomohon dijadikan subjek, terbagi menjadi dua kelompok yakni eksperimen dan kontrol, masing-masing kelompok terdiri dari 15 siswa. Desain yang diterapkan adalah Randomized Control Group Pre-test and Post-test Design. Analisis data dilakukan dengan uji-t, menunjukkan thitung sebesar 9,6011 melebihi ttabel 2,048, yang membuktikan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen menghasilkan perbedaan yang signifikan dibanding kelompok kontrol. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah gaya mengajar periksa diri memiliki pengaruh terhadap kemampuan dasar tolak peluru. Dengan demikian, rumusan masalah penelitian dirancang untuk menjawab pertanyaan mengenai keberadaan pengaruh gaya mengajar periksa diri dalam proses pembelajaran tolak peluru pada siswa.
