PENGARUH PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR MENGGIRING BOLA DENGAN PUNGGUNG KAKI DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 LOLAYAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/Keywords:
Gaya Mengajar Inklusi, Gerak Dasar Menggiring Bola, Punggung KakiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar inklusi terhadap penguasaan gerak dasar menggiring bola dengan punggung kaki pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Lolayan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menguasai gerak dasar menggiring bola, disebabkan metode pembelajaran yang masih bersifat instruktif, minimnya partisipasi aktif siswa, dan keterbatasan sarana pendukung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test randomized control group design. Sampel terdiri dari 30 siswa, dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 15 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan gerak dasar dengan punggung kaki, menggunakan instrumen berbasis panduan gerakan dan kartu tugas. Hasil penelitian menunjukkan kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata 2,4 (SD 0,8281), lebih tinggi dibanding kelompok kontrol 0,5333 (SD 0,5164), menunjukkan perbedaan signifikan. Gaya mengajar inklusi memungkinkan siswa belajar secara aktif, menyesuaikan tingkat kesulitan latihan sesuai kemampuan, dan menggunakan kartu tugas untuk praktik mandiri. Kesimpulannya, penerapan gaya mengajar inklusi efektif meningkatkan penguasaan gerak dasar menggiring bola, mendorong partisipasi aktif, dan memperbaiki keterampilan motorik siswa secara menyeluruh.
