STATUS GIZI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 6 KOTAMOBAGU
DOI:
https://doi.org/10.53682/Keywords:
Status Gizi peserta didik, Gizi, Ilmu GiziAbstract
Pendidikan ini melibatkan kegiatan kognitif saat peserta didik mengamati dan menganalisa setiap aktivitas gerak, pada aspek Psikomotor meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik dan pada aspek afektif membentuk karakter disiplin pada saat menjalani proses pembelajaran. Status gizi merupakan Kondisi tubuh seseorang, yang dipengaruhi oleh konsumsi makanan dan penggunaan zat gizi. Masalah gizi ini berpotensi berdampak buruk bagi peserta didik, baik itu terhadap pertumbuhan, Kesehatan dan kesegaran jasmani dari peserta didik yang akibatnya menganggu prestasi akademik dan non akademik peserta didik. Bagaimana Status Gizi Pada Peserta Didik SMP Negeri 6 Kotamobagu. populasi dalam penelitian yang akan diteliti oleh peneliti ini merupakan keseluruhan Peserta didik SMP Negeri 6 Kotamobagu yaitu 279 orang peserta didik. Sampel yang diambil oleh peneliti adalah 25% dari 279 yaitu 70 orang Peserta didik SMP Negeri 6 Kotamobagu akan tetapi yang bersedia hanya 50 orang peserta didik. Instrument dalam penelitian ini menggukan perhitungan dari IMT , dan setelah menemukan hasil dari IMT maka dilanjutkan dengan rumus mencari Z-Score berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Standar Antropometri Anak. Berdasarkan hasil dari IMT dan dilanjutkan dengan pengukuran Z-Score, maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah; Status Gizi Peserta Didik SMP Negeri 6 Kotamobagu termasuk dalam kategori Status Gizi Baik. Hal ini diperkuat dengan hasil yang di dapatkan penulis dari ke 50 orang peserta didik yang menjadi sampel dalam penelitian ini, yaitu sebesar 72% atau 36 orang peserta didik memiliki status gizi yang baik, 24% atau 12 orang memiliki status gizi lebih, sedangkan untuk status gizi obesitas hanya 4% atau 2 orang.
