PENGARUH PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR LEMPARAN KE DALAM DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 LOLAYAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/Keywords:
Gaya Mengajar Resiprokal, Gerak Dasar Lemparan Ke Dalam Pada Permainan Sepak Bola, Sepak BolaAbstract
Pendidikan jasmani, olahraga dan Kesehatan adalah pendidikan yanag bersifat intrgral dari pendidikan formal secara umum yang sangat membantu peserta didik dalam meninggkatkan kemampuan baik secara kognitif, afektif dan psikomotor. Pada saat peneliti mengamati proses pembelajaran PJOK ternyata masih banyak peserta didik khusunya kelas VIII yang belum mengerti, memahami dan belum dapat melaksanakan gerak dasar pada lemparan ke dalam pada permainan sepak bolaPenelitian ini menguji hipotesis: apakah gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lemparan ke dalam sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lolayan. Tujuan penelitian adalah membandingkan peningkatan kemampuan gerak dasar antara kelompok eksperimen yang menerima perlakuan selama 4 minggu dengan kelompok kontrol yang tidak. Populasi berjumlah 82 siswa, dan 36 siswa dijadikan sampel. Instrumen penelitian berupa tes gerak dasar lemparan ke dalam. Setelah melalui uji normalitas dan homogenitas, uji t dilakukan. Hasil analisis menunjukkan t hitung = 8,082, sedangkan t tabel = 2,032 (α 0,05; df = 34). Karena t hitung lebih besar dari t tabel, H0 ditolak dan HA diterima. Dengan demikian, gaya mengajar resiprokal memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar gerak dasar lemparan ke dalam pada siswa kelas VIII.
