PENGARUH METODE DRILL DAN METODE BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR FOREHAND DRIVE TENIS LAPANGAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/Keywords:
metode drill, metode bermain, hasil belajar, forehand drive, tenis lapanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill dan metode bermain terhadap hasil belajar forehand drive dalam cabang olahraga tenis lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest–posttest control group. Subjek penelitian terdiri atas 30 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang diberi perlakuan metode drill dan kelompok yang diberi perlakuan metode bermain. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan forehand drive yang menilai akurasi, kekuatan, dan konsistensi pukulan. Analisis data menggunakan uji t independen dan uji t berpasangan untuk melihat peningkatan hasil belajar di masing-masing kelompok serta perbedaan antara keduanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode pembelajaran memberikan peningkatan signifikan terhadap kemampuan forehand drive (p < 0,05). Namun, peningkatan hasil belajar pada kelompok yang menggunakan metode drill lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok metode bermain. Hal ini mengindikasikan bahwa latihan berulang secara terstruktur pada metode drill lebih efektif dalam meningkatkan teknik dasar forehand drive, sedangkan metode bermain lebih berkontribusi pada motivasi dan variasi pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode drill memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap peningkatan hasil belajar forehand drive tenis lapangan dibandingkan metode bermain.
