PENGARUH GAYA MENGAJAR DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN RENANG 20 METER GAYA DADA

Authors

  • Bacilius Sukadana Universitas Negeri Manado
  • Fredrik Sumarauw Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jo.v2i01.2311

Keywords:

Gaya Mengajar Demonstrasi , Renang Gaya Dada

Abstract

Masalah yang didapat saat observasi peneliti adalah ditemukan sebagian besar mahasiswa belum menguasai teknik gaya dada pada saat pelaksanaan kuliah praktik renang. Selain itu juga kendala bagi mahasiswa yang merupakan calon guru pendidikan jasmani belum mampu menerapkan metode mengajar dengan baik. Hal tersebut menjadi alasan peneliti untuk meneliti bagian ini dengan tujuan lebih memajukan mahasiswa baik dari segi praktek dan cara menerapkan metode mengajar. Populasi adalah keseluruhan mahasiswa semester II jurusan PKL FIK Unima, dengan jumlah 20 orang. Untuk  teknik pengambilan data berdasarkan instrumen yaitu tes kecepatan renang dengan teknik pengumpulan data dihitung dari waktu tempuh renang gaya dada dengan jarak 20 meter. sedangkan hasil Pengujian hipotesa dilakukan memakai teknik statistik Uji t berdasarkan tingkat kesalahan 5% adalah 2,12 yang merupakan nilai uji akhir. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  gaya mengajar demonstrasi yang  diberikan pada objek dengan takaran dan intensitas latihan yang tepat dapat meningkatkan kemampuan renang 20 meter gaya dada.

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles