PENGARUH GAYA MENGAJAR DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN TENDANGAN SAMPING DALAM CABOR PENCAK SILAT
DOI:
https://doi.org/10.53682/jo.v2i01.2312Keywords:
Gaya Mengajar Demonstrasi, Tendangan SampingAbstract
Masalah idalam ipenelitian iini iadalah: iApakah iterdapat ipengaruh igaya imengajar idemonstrasi iterhadap ikemampuan itendangan isamping idalam icabang iolahraga ipencak isilat ipada iMahasiswa iJurusan iPKL iFIK iUNIMA? iMetode iPenelitian iyang idigunakan iadalah imetode ieksperimen idengan iperlakuan iberupa igaya imengajar idemonstrasi iyang idiberikan iselama idelapan iminggu. iRancangan imenggunakan: iRandomized icontrol igroups ipre-test iand ipost-test idesign.Yang uji ihipotesa imenggunakan iteknik istatistik idengan iUji it. iHasil ianalisa ihipotesa, idiperoleh it iobservasi isenilai i4,47 isedangkan it itabel iyang idiperoleh idari iderajat ikebebasan in-1 i+ in2 i– i2 iyaitu i10 i+ i10 i– i2 i= i18 idan itaraf ikeyakinan i i i= i0,05 iadalah i1,734. iSesuai idengan ikriteria ipengujian iterima iHo ijika it iobservasi ilebih ikecil idari it itabel idan itolak iHo ijika it iobservasi ilebih ibesar idari it itabel. iOleh ikarena it iobservasi ilebih ibesar idari it itabel imaka ihasil ianalisis imenunjukkan itolak iHo idan iterima iHa. iKesimpulan ipenelitian: iTerdapat ipengaruh igaya imengajar idemonstrasi iterhadap ikemampuan itendangan ismaping i idalam icabang iolahraga ipencak isilat ipada iMahasiswa iJurusan iPKL iFIK iUnima