PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESIPROKAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS PANJANG DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS SISWA-SISWA PUTRA SMP KATOLIK St. MIKAEL MANADO

Authors

  • Michael Wowiling Universitas Negeri Manado
  • Djoni Sunkudon Universitas Negeri Manado
  • Tony Pandaleke Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jo.v2i01.2502

Keywords:

metode pembelajaran resiprokal, servis panjang

Abstract

ABSTRAK
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode pembelajaran rsiprokal dapat
memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar servis panjang dlm permainan bulu tangkis ? Penelitian
ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan metode pembelajaran resiprokal terhadap peningkatan hasil
belajar servis panjang dalam permainan bulu tangkis . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa siswa putra SMP Katolik St. Mikael
Manado yang berjumlah 30 siswa dan terbagi atas dua kelompok yakni kelompok eksperimen dengan jumlah
sampel 15 orang dan kelompok nkontrol dengan jumlah sampel 15 orang. Rancangan penelitian yang dipakai
adalah Randominzed Pre-Test and Post-Test control group Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes
kemampuan servis panjang dalam permainan bulu tangkis. Bentuk dan alat yang digunakan adalah lapangan bulu
tangkis, net, cok, sumpritan, dan alat tulis menulis. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh penerapan
metode pembelajaran resiprokal terhadap peningkatan hasil belajar servis panjang dalam permainan bulu tangkis
siswa siswa putra SMP Katolik St. Mikael Manado.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
statistik uji-t, sebelum uji-t dilakukan maka terlebih dahulu diawali dengan pengujian persyaratan analisis yaitu uji
normalitas data dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan menggunakan uji varians
besar banding varians kecil. Dan datanya normal dan homogeny.Hasil penelitian ini menunjukkan diperoleh thitung
lebih besar dari ttabel, yaitu thitung = 9.12 > ttabel = 2.048, sehingga Ho ditolak yang berarti HA diterima. Dengan
demikian hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran resiprokal
terhadap peningkatan hasil belajar servis panjang dalam permainan bulu tangkis siswa siswa putra SMP Katolik
St. Mikael Manado. Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran
resiprokal terhadap peningkatan hasil belajar servis panjang dalam permainan bulu tangkis siswa siswa putra
SMP Katolik St. Mikael Manado

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles