PENGARUH METODE MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN BOLA BASKETPADA SISWA SMA NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • I Made Sutawijaya Universitas Negeri Manado
  • Mesak Rambitan Universitas Negeri Manado
  • Yuliana Sattu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jo.v2i01.2504

Abstract

ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh penerapan metode mengajar resiprokal terhadap
hasil belajar menggiring bola dalam permainan bola basket pada siswa SMA Negeri 2 Tondano ? Hipotesa
penelitian ini adalah Terdapat pengaruh penerapan metode mengajar resiprokal terhadap hasil belajar menggiring
bola dalam permainan bola basket pada siswa SMA Negeri 2 Tondano. Varibel dalam penelitian ini adalah variabel
bebas metode mengajar resiprokal, dan variabel terikat adalah menggiring bola dalam permainan bola basket.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian eksperimen, dengan rancangan
penelitian pre-test and post-test randomized control group design. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan bola
basket SMA Negeri 2 Tondano dengan dengan lamanya penelitian yaitu selama satu bulan dengan frekuensi
perlakuan atau pertemuan dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu minggu. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa putra SMA Negeri 2 Tondano yang berjumlah 120 orang siswa putra. Sampel dalam penelitian ini
adalah 30 orang siswa yang dipilih secara acak (random) dari populasi,kemudian sampel dibagi menjadai dua
kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 15 orang siswa, dan kelompok kontrol yang
berjumlah15 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes menggiring bola dalam permianan bola basket
dari Nurhasan. Hasil penelitian ini adalah diperolehlah hasil yaitu nilai dari tobservasi >ttabel sehingga dapat diketahui
bahwa pembelajaran menggiring bola dalam permainan bola basket pada siswa SMA Negeri 2 Tondano dengan
meggunakan metode mengajar resiprokal, lebih baik dari pada pembelajaran menggiring bola dalam permainan
bola basket pada siswa SMA Negeri 2 Tondano yang tidak menggunakan metode mengajar resiprokal, sehingga
hipotesa dalam penelitan ini yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode mengajar resiprokal
terhadap hasil belajar menggiring bola dalam permainan bola basket pada siswa SMA Negeri 2 Tondano dapat
diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode mengajar resiprokal dapat memberikan pengaruh
yang signifikan pada peningkatan hasil belajar menggiring bola dalam permainan bola basket pada siswa SMA
Negeri 2 Tondano.

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles