PENGARUH PENERAPAN METODE KESELURUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SERVISATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA SMK NEGERI 1 AIRMADIDI
DOI:
https://doi.org/10.53682/jo.v2i01.2506Keywords:
KataKunci:Metode Keseluruhan, Servis AtasAbstract
ABSTRAK
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode mengajar keseluruhan
memberi pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar servis atas dalam permainan bola voli
pada siswa- siswa SMK Negeri 1 Airmadidi?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan
metode mengajar keseluruhan terhadap peningkatan hasil belajar servis atas dalam permainan
bola voli pada siswa- siswa SMK Negeri 1 Airmadidi.Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen. Sampel yang digunakan adalah siswa siswa kelas XI SMK
Negeri 1 Airmadidi Tahun Ajaran 2018 / 2019 yang berjumlah 30 orang, yang dibagi dalam dua
kelompok yaitu kelompok eksperimen dengan metode mengajar keseluruhan berjumlah 15
orang dan kelompok control yang tidak mendapatkan perlakuan berjumlah 15 orang. Waktu
penelitian dilaksanakan selama satu bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu. Rancangan
penelitian yang digunakan adalah “Randomized control group pre – test and post – test
design.”Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah“ tes ketepatan servis atas dalam
permainan bola voli.” Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan
tes awal dan tes akhir ketepatan servis atas dalam permainan bola voli untuk kedua kelompok.
Jumlah skor dari ketepatan servis atas yang dilakukan sebanyak enam kali kesempatan yang
dijadikan sebagai data dalam penelitian ini.Hipotesa penelitian adalah“Penerapan metode
keseluruhan memberi pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar servis atas dalam permainan
bola voli pada siswa -siswa SMK Negeri 1 Airmadidi. Teknik analisa data yang digunakan
adalah teknik analisis statistik uji-t, sebelum uji-t dilakukan maka terlebih dahulu diawali
dengan pengujian persyaratan analisis yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas
varians.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar servis atas
dalam permainan bola voli kelompok eksperimen dengan menggunakan metode mengajar
keseluruhan lebih baik dari rata-rata peningkatan hasil belajar servis atas dalam permainan bola
voli kelompok control yang tidak mendapatkan perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah
terdapat pengaruh penerapan metode keseluruhan terhadap peningkatan hasil belajar servis atas
dalam permainan bola voli pada siswa -siswa SMK Negeri 1 Airmadidi.