PENGARUH PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR DALAM PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 REMBOKEN

Authors

  • Daniel D Mamahani Universitas Negeri Manado
  • Beatrix J Podung Universitas Negeri Manado
  • Jan Lengkong Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jo.v2i02.2963

Keywords:

gaya mengajar resiprokal, gerak dasar, passing bawah

Abstract

Masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh metode mengajar resiprokal terhadap hasil belajar gerak dasar dalam passing bawah permainan bola voli pada siswa kelas XI SMA N 1 Remboken. Metode yang dipakai pada penelitian ini ialah metode ekspermen dengan penerapan metode resiprokal. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-ratapeningkatan kemampuan gerakdasar dalam Passing Bawahkelompok eksperimen dengan melaksanakan gaya resiprokal lebihbaik dari rata-rata peningkatan kemampuan gerak dasar dalam Passing Bawah kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Hasil pengujian hipotesa penelitian diperoleh thitung senilai 5.64. Berdasarkan tabel distribusi t pada  dengan derajat kebebasan n1 + n2  maka diperoleh ttabel senilai 2.048 jadi thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan kriteria pengujian jika thitung lebih besar dari ttabel maka HO ditolak yang berarti HA diterima. Dari uraian  tersebut maka disimpulkan menerapkan metode resiprokal dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar gerak dasar passing bawah permainan bola voli pada siswa kelas XI SMA N 1 Remboken.

Downloads

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles