Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kumelembuai
DOI:
https://doi.org/10.53682/jo.v3i1.4227Keywords:
Status Gizi, Prestasi BelajarAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kumelembuai? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kumelembuai. Hipotesis penelitian yaitu terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kumelembuai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kumelembuai berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yaitu untuk mengukur status gizi menggunakan pengukuran berat badan dan tinggi badan yang kemudian dimasukan kedalam rumus IMT sedangkan prestasi belajar menggunakan nilai rapor. Pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik dengan uji – t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMP Negeri 2 Kumelembuai, yakni sebesar 0,91. Kontribusi variabel X (status gizi) terhadap variabel Y (prestasi belajar siswa kelas XI SMP Negeri 2 Kumelembuai) adalah sebesar 82,81% dan sisanya 17,19% ditentukan oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian yaitu terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kumelembuai.