PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO TERHADAP KEMAMPUAN SMASH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA SMK NEGERI I AIRMADIDI
DOI:
https://doi.org/10.53682/jo.v3i1.4230Keywords:
Smash, Gaya Mengajar KomandoAbstract
Rival Dipan, NIM. 17 703 108, Judul: Pengaruh Gaya Mengajar Komando Terhadap Kemampuan Smash Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa SMK N 1 Airmadidi. Rumusan masalah penelitian: Apakah gaya mengajar berpengaruh terhadap gaya perintah keterampilan bola voli pada siswa? Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya mengajar terhadap pukulan smash dalam permainan bola siswa SMK N 1 Airmadidi. Hipotesis Penelitian : Ada pengaruh gaya mengajar memukul bola voli pada siswa SMK N 1 Airmadidi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang dipadukan dengan treatment berupa gaya mengajar demonstrasi delapan minggu. Populasinya eksklusif laki-laki. Siswa kelas XII SMK N 1 Airmadidi sebanyak 20 orang, yang kemudian dijadikan dua kelompok, masing-masing 10 orang pada kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok. Alat Pengumpul Data : Smash Ability Test Rancangan penelitian yang digunakan : pre-test dan post-test randomized control groups Uji hipotesis menggunakan teknik statistik dengan uji-t Hasil analisis yang diperoleh dari observasi t adalah 5,59 sedangkan t tabel diperoleh dari derajat kebebasan n1 + n2 2 layak 10 + 10 2 = 18 dan tingkat kepercayaan = 0,05 layak 2101. Kriteria pengujian menerima Ho jika t pengamatan lebih kecil dari matriks dan menolak pengamatan lebih banyak. Ada pengaruh gaya mengajar komando terhadap kemampuan memukul dalam permainan bola voli pada siswa SMK N 1 Airmadidi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan perlakuan berupa pelatihan demonstrasi selama delapan minggu. Populasinya eksklusif laki-laki. Siswa kelas XII SMK Ne 1 Airmadidi berjumlah 20 orang yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok sehingga 10 orang pada kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok eksperimen