Pengaruh Penerapan Gaya Mengajar Latihan Terhadap Kemampuan Gerak Dasar Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Pada Siswa SMP Negeri 5

Authors

  • Rian A Soeda Universitas Negeri Manado
  • Ahmad Paturusi Universitas Negeri Manado
  • Mesak A.S.F Rambitan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jo.v3i1.4232

Keywords:

Gaya Mengajar Latihan, Kemampuan Gerak Dasar Passing, Menggunakan Kaki Bagian Dalam

Abstract

Penerapan gaya mengajar latihan dalam proses pembelajaran permainan sepakbola dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar passing menggunakan kaki bagian dalam pada siswa SMP Negeri 5 Tondano. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah penerapan gaya mengajar latihan dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar passing menggunakan kaki bagian dalam pada siswa SMP Negeri 5 Tondano? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan gaya mengajar latihan terhadap kemampuan gerak dasar passing menggunakan kaki bagian dalam pada siswa SMP Negeri 5 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan sampel penelitian seluruh siswa putra Kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano berjumlah 20 orang yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 10 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “Randomized control group pre – test and post – test design.” Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Rubrik penilaian menendang bola pada permainan sepak bola.” Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara tes awal dan tes akhir menendang bola dengan kaki bagian untuk kedua kelompok. Teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik uji-t. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan gaya mengajar latihan terhadap kemampuan gerak dasar passing menggunakan kaki bagian dalam pada siswa SMP Negeri 5 Tondano, hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yakni t hitung = 4,165  ttabel = 2,101.

Downloads

Published

2022-06-08

Issue

Section

Articles