PENGARUH MENGAJAR KOMANDO TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS 20 METER PADA SISWA SMP KRISTEN SENDUK
DOI:
https://doi.org/10.53682/jo.v3i2.5556Keywords:
Renang, Gaya Bebas, Gaya KomandoAbstract
Pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan jasmani yang dilaksanakan di sekolah, rasanya belum optimal karena terbatasnya waktu yang tersedia sarana prasarana di sekolah. Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya perbaikan dalam proses pembelajaran, seperti guru yang menguasai materi pelajaran, pemilihan metode dan gaya mengajar yang tepat, pengadaan dan penggunaan media yang memenuhi syarat.
Gaya komando adalah pendekatan mengajar yang paling bergantung pada guru. Tujuannya adalah penampilan yang cermat. Guru menyiapkan semua aspek pengajaran dan ia sepenuhnya bertanggung jawab dan berinisiatif terhadap pengajaran dan memantau kemajuan pembelajaran siswanya.
Berdasarkan latar belakang inilah penulis tertarik untuk meneliti pengaruh gaya komando terhadap kemampuan renang gaya bebas 20 meter siswa SMP Senduk.