PENGARUH PENERAPAN GAYA MENGAJAR TRAINING TERHADAP PENGUASAAN KETERAMPILAN GERAK DASAR PADA SISWA SMP VOLI NEGERI 7 BITUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jo.v3i2.5557Keywords:
Gaya Mengajar Latihan, Keterampilan, Gerak Dasar Pasing Bawah.Abstract
Kurangnya penerapan gaya mengajar latihan terhadap penguasaan kemampuan gerakan dasar dalam permainan bola voli passing bawah sehingga tujuan penyelidikan ini untuk mengetahui gaya mengajar latihan terhadap permainan bola voli dengan underpass pada siswa SMP Negeri 7 Bitung. Hipotesis untuk penelitian ialah Penerapan gaya mengajar latihan terhadap peningkatan gerak dasar pada passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMP Negeri 7 Bitung. Pendekatan eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Adapun populasi dalam penelitian yaitu siswa semester genap tahun ajaran 2020/2021 SMP Negeri 7 Bitung. Dalam sampel penelitian ini berjumlah 40 orang siswa putra putri yang di ambil secara acak (random). Serta sampel dibagi menjadi 2 kelompok setiap kelompok beranggotakan 20 orang, kelompok pertama eksperimen dan kelompok kedua kontrol. Instrumen penelitian ini ialah untuk mengukur kemampuan gerak dasar pasing bawah digunakan tes pasing bawah dalam olahraga bola voli metodologi penelitian didasarkan pada pre – test and post – tes randomized control group design. Uji t digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan teknik statistik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik uji t dua sampel independen, sebelum dilakukan uji t didahului uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan gerak dasar passing dalam permainan bola voli dengan sekelompok orang mendapat perlakuan penerapan gaya mengajar latihan lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan metode pembelajaran latihan gerak dasar passing bawah dalam permainan bola voli berpengaruh terhadap siswa di SMP Negeri 7 Bitung.