Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Kemampuan Sepak Sila Pada Permainan Sepak Takraw di SMP Negeri 2 Tondano

Authors

  • Yuliana Sattu Universitas Negeri Manado
  • Mesak A. S. F Rambitan Universitas Negeri Manado
  • Dominggus Eleuwarin Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jo.v4i2.8600

Keywords:

Gaya Mengajar Resiprokal, Sepak Sila

Abstract

Metode resiprokal merupakan suatu bentuk pengajaran yang menawarkan kesempatan pada siswa dalam mengomentari temannya sendiri. Pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan adalah mata pelajaran yang diajarkan di SMP Negeri 2 Tondano karena merupakan salah satu sekolah negeri di tondano. Ternyata hampir semua siswa tidak mampu mempraktekkan prinsip takraw secara lengkap dan benar untuk meningkatkan kebugaran jasmaninya. Ini dapat dilihat melalui observasi penelitian yang dilakukan  pada siswa di sekolah SMP Negeri 2 Tondano dalam pengamatan, peneliti menemukan banyak hal yang terjadi saat praktek sepak sila seperti: kurangnya fasilitas yang di siapkan sekolah seperti alat dan bahan, kurangnya minat siswa, status kesehatan siswa,  kepercayaan diri siswa, dan lingkungannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest and posttest randomized two-group design. Berdasarkan temuan penelitian ini yang diuji dengan statistik uji-t, terdapat pengaruh penerapan gaya mengajar resiprokal dalam pembelajaran dasar-dasar sila takraw pada siswa SMP Negeri 2 Tondano.

Downloads

Published

2024-02-27