Pengaruh Penerapan Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Spike Pada Bola Voli Siswa SMK Negeri 1 Airmadidi

Authors

  • Yuliana Sattu Universitas Negeri Manado
  • Agustinus RJ Sengkey Universitas Negeri Manado
  • Rivaldy Ferdinand Wullur Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jo.v4i2.8603

Keywords:

Gaya Mengajar Resiprokal, Bola Voli

Abstract

Setelah peneliti melakukan observasi, pada kenyataanya siswa-siswa yang mengikuti pembelajaran bola voli dalam mata pelajaran penjas, hanya beberapa siswa yang mampu melakukannya dengan baik, beberapa gerak dasar bola voli khususnya spike/smash. Tetapi masih banyak siswa yang belum bisa melakukan gerak dasar spike/smash dengan baik dilihat dari lompatan yang kurang maksimal, ayunan tangan yang tidak lurus, tidak terkontrol dan bola lebih sering keluar lapangan sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa tidak dapat melakukan  gerak dasar spike/smash dengan baik dan benar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah “pretest and posttest randomized two-group design”. Dari hasil analisis data tentang Penerapan Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Spike pada Permainan Bola Voli kelompok eksperimen diperoleh skor rata-rata sebesar 3.2 dengan standar deviasi 0.91. Sedangkan kelompok kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 0.6 dengan standar deviasi 0,96. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, penerapan gaya mengajar resiprokal memberi pengaruh terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar spike pada permainan bola voli siswa SMK Negeri 1 Airmadidi.

Downloads

Published

2024-02-27