Pengaruh Gaya Mengajar Latihan Terhadap Kemampuan Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw Siswa SMP Negeri 2 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/jo.v4i2.8746Keywords:
Gaya Mengajar Latihan, Sepak SilaAbstract
Berdasarkani hasili observasii padai siswai iSMP iNegeri 2 Tondano, bahwa beberapa siswa kurang memilikii kemampuani isepak isila iyang ibaik idalam ipermainan isepak itakraw. iHal iini disebabkani ioleh berbagaii ifaktor seperti faktor antropometri, komponen fisik pendukung, penggunaan gaya mengajar yang masih belum baik. Disamping itu, barbagai hal lain yang diduga mempengaruhi adalah kurangnya pengulangan melakukan latihan sepak sila, ini disebabkan oleh waktu yang terbatas saat pembelajaran sepak takraw. Permasalahan lainnya yaitu belum diketahuinya gaya mengajar apa yang dapat meningkatkan kemampuan sepak sila dalam permainan sepak takraw, kurangnya motivasi dari dalam diri siswa dalam melakukan pembelajaran sepak sila dalam permainan sepak takraw, faktor penyebab lain rendahnya kemampuan sepak sila pada permainan sepak takraw siswa yaitu faktor komponen fisik pendukung seperti kekuatan otot tungkai, keseimbangan, dan kelentukan ataupun penguasaan teknik sepak sila yang masih belum baik. Metodei iyang idigunakan ipada ipenelitian iini iadalah eksperimen. Rancangani iyang idigunakan idalam ipenelitian iini iadalah ipretest and posttest randomizedi itwo-group idesign. iiBerdasarkan iitabel idistribusi t ipada i= 0,05 idengan idk = n1 + n2 – 2 = 10+10 – 2 = 18, makai idiperoleh inilai it itabel = 2,101. iJadi it ihitung ilebih ikecil idari ti itabel iyaitu ti ihitung = 0.80 ≤ t tabel = 2,101. iSesuai ikriteria ipengujian ijika it ihitung i≤ it itabel makai iHo iditerima iyang iberarti iHa ditolak. iDengan demikian kesimpulan dalam ipenelitian ini adalahi ipenerapan igaya imengajar ilatihan tidaki imemberikan ipengaruh iterhadap ikemampuan sepaki silai idalami ipermainan isepak itakraw ipada siswai SMP Negeri 2 Tondano.