Pengaruh Gaya Mengajar Dan Umpan Balik Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Mahasiswa Putra Jurusan Pendidikan Olahraga
Keywords:
Gaya Mengajar, Umpan Balik, Passing BawahAbstract
Pemberian apresiasi juga sangat baik dilakukan oleh pendidik guna untuk memberikan dorongan mental kepada peserta didik supaya termotivasi dalam belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh mahasiswa meningkat. Namun berdasarkan hasil observasi di lapangan yakni mahasiswa putra semester II jurusan pendidikan olahraga dengan materi passing bawah terlihat bahwa masih ada beberapa mahasiswa yang belum paham atau mengerti mengenai materi passing bawah dalam permainan bola voli. Dimana mahasiswa yang mengukuti pembelajaran teknik dasar passing bawah tidak menunjukan hasil yang baik hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang teknik dasar passing bawah, sehingga pada saat mahasiswa melakukan teknik passing bawah hanya sebagian mahasiswa saja yang mampu. Adapun kesalahan yang sering dilakukan yaitu dua lengan bawah sebagai pemukul tidak sejajar, sehingga pada saat menerima bola dari teman seregu atau dari pihak lawan, bola yang diterima melenceng keluar lapangan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui skor hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial 2 x 2. Gaya mengajar latihan memiliki pengaruh lebih tinggi nilainya dari gaya mengajar komando terhadap hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada mahasiswa putra Jurusan Pendidikan Olahraga. Terdapat interaksi antara gaya mengajar latihan dan komando dengan umpan balik terhadap hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada mahasiswa putra Jurusan Pendidikan Olahraga.