Perbandingan Gaya Mengajar Komando Dan Gaya Mengajar Latihan Terhadap Gerak Dasar Pada Menendang Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam Dalam Permainan Sepak Bola Siswa SMA Negeri 1 Tonadno
Keywords:
: Gaya Mengajar Latihan, Gaya Mengajar Komando, Menendang BolaAbstract
Setelah peneliti melakukan observasi pada tanggal 22 Agustus 2022 di SMA Negeri 1 Tondano, terlihat pada proses pembelajaran penjas khususnya gerak dasar pada menendang bola mengguakan kaki bagian dalam siswa masi belum baik dalam melakukan gerak dasar tersebut, hal ini dipengaruhi oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa yang kurang memperhatikan saat guru sedang menjelaskan materi, keterampilan siswa yang menjadi salah satu masalah dalam pembelajran dan juga penetuan gaya mengajar dalam proses pembelajaran. Ada sejumlah metode pengajaran yang berpotensi efektif dalam mempelajari gerakan dasar menendang bola dengan bagian dalam kaki, di antaranya pengajaran perintah dan latihan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah “pretest and posttest randomized two-group design”. Dari data analisis tersebut menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara gain skor kelompok latihan dan gain skor kelompok komando. Dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesa dimana t observasi lebih kecil dari t tabel atau t₀ 0,193 < tₜ 2,048. Sehinggah kedua gaya mengajar tersebut bisa diterapkan secara bergantian pada keterampilan motorik gerak dasar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam. Kedua gaya mengajar ini memiliki keunggulan masing- masing, keunggulan gaya mengajar latihan siswa dilatih lewat kegiatan kognitif melalui kartu tugas yang diberikan sehinggah siswa lebih mudah memahami dan keunggulan gaya mengajar komando siswa lebih banyak melakukan gerakan atau lebih banyak melakukan repetisi dalam melakukan gerak dasar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam.