PENGARUH PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP GERAK DASAR DALAM MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN BOLA BASKET SISWA PUTRA SMP BEREA TONDANO
Keywords:
: Resiprokal, Bola BasketAbstract
Penggunaan gaya mengajar yang tepat dapat menentukan tingkat keberhasilan pada peserta didik. pada kenyataannya siswa-siswa yang mengikuti pembelajaran bola basket dalam mata pelajaran penjas, hanya beberapa siswa yang mampu melakukannya dengan baik, beberapa teknik dasar bola basket khususnya menggiring bola, tetapi masih banyak siswa yang belum bisa melakukan teknik dasar menggiring bola dengan baik dilihat dari teknik menggiring tidak boleh menyentuh bola dua tangan atau doubble, sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa tidak dapat melakukan teknik dasar menggiring bola dengan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “pre – test and post – test control grup desing. Dari hasil analisis pengujian hipotesa penelitian, diperoleh thitung senilai 7,15. Berdasarkan tabel distribusi t pada ∝ 0,05 dengan derajat kebebasan n1 + n2-2 =20 +20 - 2 = 38 maka diperoleh ttabel senilai 2,042. Jadi thitung lebih besar dari ttabel, yaitu thitung = 7,15 > ttabel = 2,042. Berdasarkan kriteria pengujian jika thitung lebih besar dari ttabel (thitung >t tabel ) maka Ho ditolak yang berarti HA diterima. Dengan demikian kesimpulan pengujian adalah rata-rata peningkatan gerak dasar menggiring bola dalam permainan bola basket kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal lebih baik dari pada rata-rata peningkatan gerak dasar menggiring bola dalam permainan bola basket kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan.