PENGARUH GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN PASING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 4 MANADO
Keywords:
Gaya Mengajar Latihan, Pasing Bawah, Bola Voli.Abstract
Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang apakah gaya mengajar latihan berdampak pada peningkatan kemampuan pasing bawah dalam permainan bola voli di kalangan siswa SMP Negeri 4 Manado. Tujuan penelitian adalah untuk menguji apakah skor rata-rata kemampuan pasing bawah, saat diajarkan dengan gaya mengajar latihan, lebih tinggi daripada yang tidak menerima perlakuan serupa, terutama di SMP Negeri 4 Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, melibatkan siswa kelas VIIA dan VIIB. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa yang dipilih secara acak dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol, masing-masing dengan 10 siswa. Pembagian kelompok dilakukan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes ketrampilan pasing bawah dalam permainan bola voli.
Setelah dilakukan analisis statistik dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai thitung sebesar 3.59. Mengacu pada tabel distribusi t dengan tingkat signifikansi α = 0.05 dan derajat kebebasan n1 + n2 - 2 = 18, didapat nilai ttabel sebesar 2.101. Dari hasil tersebut, thitung (3.59) ternyata lebih besar daripada ttabel (2.101), yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan kata lain, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (HA) diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil kemampuan pasing bawah dalam permainan bola voli siswa SMP Negeri 4 Manado antara kelompok eksperimen (yang menerima pembelajaran dengan gaya mengajar latihan) dan kelompok kontrol (yang tidak menerima perlakuan serupa).
Kata Kunci, Gaya Mengajar Latihan, Pasing Bawah, Bola Voli.