PENGARUH GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP GERAK DASAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TONDANO
Keywords:
Passing Bawah Dalam Permainan Bola VoliAbstract
Gaya mengajar latihan mengajarkan konsep gerak dasar pasing bawah dalam bola voli kepada siswa, dengan tujuan agar mereka dapat belajar dan memperbaiki keterampilan mereka dalam gerak tersebut. Namun, dalam kenyataannya, pembelajaran penjas di sana menemukan bahwa peserta didik masih memiliki kekurangan dalam melakukan gerak dasar pasing bawah dalam permainan bola voli. Mereka masih belum terampil dan sering melakukan kesalahan, seperti posisi tubuh dan kaki yang salah, serta kurangnya keakuratan dalam melakukan gerakan, sehingga bola sering meleset dari sasaran yang ditentukan. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control group pre-test and post test design. Dalam penelitian ini hasil analisis statistik dengan menggunakan statistik uji t, diperoleh t_hitungsenilai 11,69. Berdasarkan tabel distribusi t pada ∝0,05 dengan derajat kebebasan n_1+n_2-2=10+10-2=18 maka diperoleh t_tabel senilai 2.101. Jadi t_hitung lebih besar dari t_tabel yaitu 11,69 > 2,101. Berdasarkan kriteria pengujian jika thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak yang berarti HA diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dimana kelompok yang diajarkan latihan menunjukkan peningkatan gerak dasar passing bawah rata-rata dibandingkan dengan kelompok yang tidak diajarkan.