SIKAP DAN EXPEKTASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS TERHADAP TEMAN SEBAYA DI LINGKUNGAN INKLUSI

Authors

  • Asep Sunandar Universitas Negeri Malang
  • Ni’matul lailiyah Universitas Negeri Malang

Keywords:

sikap, expektasi, teman sebaya, inklusi

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengungkap sikap yang ditunjukkan teman sebaya dan ekspektasi yang diharapkan mahasiswa berkebutuhan khusus terhadap teman sebaya dalam berbagai aktifitas pembelajaran di ruang perkuliahan. 5 mahasiswa berkebutuhan khusus akan menjadi objek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang mempunyai hambatan penglihatan. Penelitian   ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan interview. Hasil   penelitian menunjukkan  bahwa sebagian besar sikap yang ditunjukkan teman sebaya tidak sesuai dengan ekspektasi mahasiswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan belajar di kelas. Temuan dalam penelitian ini  menghasilkan  suatu standar sederhana bagaimana menjadi teman yang baik bagi tunanetra. Temuan ini juga menyiratkan bahwa pengajar harus secara kreatif dan aktif merancang metode pengajaran inklusi dengan mempertimbangkan strategi atau pedagogi untuk mendorong partisipasi,keterlibatan, dan interaksi antar siswa sehingga tidak terjadi hubungan yang searah di kelas.

Downloads

Published

2021-07-13

Issue

Section

Articles