SIKAP DAN EXPEKTASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS TERHADAP TEMAN SEBAYA DI LINGKUNGAN INKLUSI
Keywords:
sikap, expektasi, teman sebaya, inklusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sikap yang ditunjukkan teman sebaya dan ekspektasi yang diharapkan mahasiswa berkebutuhan khusus terhadap teman sebaya dalam berbagai aktifitas pembelajaran di ruang perkuliahan. 5 mahasiswa berkebutuhan khusus akan menjadi objek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang mempunyai hambatan penglihatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar sikap yang ditunjukkan teman sebaya tidak sesuai dengan ekspektasi mahasiswa berkebutuhan khusus dalam kegiatan belajar di kelas. Temuan dalam penelitian ini menghasilkan suatu standar sederhana bagaimana menjadi teman yang baik bagi tunanetra. Temuan ini juga menyiratkan bahwa pengajar harus secara kreatif dan aktif merancang metode pengajaran inklusi dengan mempertimbangkan strategi atau pedagogi untuk mendorong partisipasi,keterlibatan, dan interaksi antar siswa sehingga tidak terjadi hubungan yang searah di kelas.