ANALISIS PERMASALAHAN DAN KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN PROJECT BASED LEARNINGDI SEKOLAH LUAR BIASA PROVINSI JAWA TENGAH

Authors

  • Aulia Maya Mufidah Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Munawir Yusuf Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Ravik Karsidi Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Soedjono Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Model pembelajaran, Project Based Learning, Guru, Sekolah Luar Biasa

Abstract

Model pembelajaran yang dapat diterapkan di Sekolah Luar Biasa bervariatif namun menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus, salah satunya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Model PjBL dapatmeningkatkan kemampuan dan keterampilanpeserta didik untuk mengatasi permasalahan dunia nyata. Peran guru dalam penerapan model PjBL sebagai fasilitator pembelajaran dan memonitor peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan kesiapan guru dalam penerapan model Project Based Learning di Sekolah Luar Biasa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan kuesioner terbuka dan tertutup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru 63% masih mengalami kesulitan dalam perencanaan dan 59% guru mengalami kesulitan dalam penerapan PjBL.Namun,91% guru mengatakan bahwa model PjBL dapat mendukung pelaksanaan belajar peserta didik berkebutuhan khusus. Dari berbagai permasalahan yang dihadapi guru dalam penerapan model PjBL dapat diatasi dengan pemberian Pelatihan Khusus.

Downloads

Published

2021-07-13

Issue

Section

Articles