PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII
Keywords:
Kemampuan Membaca Pemahaman, SQ3R, Anak Tunagrahita RinganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Survey, Question, Read, Recite, and Review, (SQ3R) terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan kelas VIII di SLB C Setya Darma Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest posttest designdengan melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal, pemberian treatment SQ3R, dan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 3 siswa tunagrahita ringan kelas VIII yang dipilih melalui teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif metode SQ3R terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan kelas VIII, serta adanya faktor motivasi yang juga berpengaruh dalam peningkatan kemampuan subjek.