PROFIL DAN PROBLEMATIKA SISWA DENGAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
Keywords:
Kesulitan belajar matematika spesifik, linguistic awareness, number sense, hambatan pengajaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profile siswa dengan kesulitan belajar matematika dan formulasi strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan matematika bagi siswa dengan kesulitan belajar matematika spesifik di kelas II sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Dari hasil penelitian ini ditemukan fakta bahwa meskipun siswa tidak megalami hambatan intelegensi, tidak mengalami hambatan persepsi visual dan auditori, tetapi tetap mengalami kesulitan belajar matematika akibat dari adanya hambatan internal dan eksternal siswa.Hambatan internal siswa yaitu; (1) kemampuan kepekaan Bahasa (linguistic awareness) yang rendah, dan (2) kemampuan kepekaan angka (number sense) yang rendah. Hambatan eksternal siswa yaitu; (1) Strategi pengajaran guru sangat verbal, (2) guru tidak melakukan analisis dan adaftasi materi, (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran khusus dan (4) guru hanya mengandalkan pendekatan remedial untuk membantu siswa yang dengan kesulitan belajar matematika.