ANALISIS KEBUTUHAN ANAK TUNARUNGU SDLB DI SLB-B YRTRW SURAKARTA DALAM MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Keywords:
Pemahaman Materi; Anak Tunarungu; Pembelajaran Jarak JauhAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan Anak tunarungu SDLB di SLB-B YRTRW Surakarta dalam menerima materi pelajaran dari rumah. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi kasus kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunarungu menunjukkan minat yang kurang, juga cenderung mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran jarak jauh tanpa pendampingan penuh dari guru ataupun orangtua, serta kebanyakan orangtua mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi dari guru kelas kepada anak. Sehingga siswa membutuhkan materi yang dikemas menarik dan mampu menumbuhkan minat belajar tanpa pendampingan penuh dari orangtua.