IMPLEMENTASI INTERVENSI BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN MENDENGAR SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH KEBUTUHAN KHUSUS BANGUN BANGSA SURABAYA

Authors

  • Partiwi Ngayuningtyas Adi IKIP PGRI Jember

Keywords:

Intervensi berbasis android, kemampuan mendengar, tunarungu

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi oleh pandemi Covid-19 yang menyebabkan keterbatasan pertemuan dalam pelaksanaan intervensi di sekolah. Sementara pada anak tunarungu, intervensi sangat diperlukan. Salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan android. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan intervensi berbasis android terhadap kemampuan mendengar anak tuna rungu di Sekolah Kebutuhan Khusus Bangun Bangsa Surabaya (2) mengetahui hasil uji coba intervensi berbasis android pada anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis Research and Development (R&D), dengan subyek penelitian siswa tunarungu. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji tanda dengan memasukan rumus Z. Berdasarkan hasil analisa data nilai Z (2,68) lebih besar daripada nilai Z tabel 0,5 (1,64). Hasil analisa data nilai Z dapat disimpulkan intervensi berbasis android dapat diterapkan dalam kemampuan mendengar siswa tunarungu.

 

Downloads

Published

2021-07-13

Issue

Section

Articles