PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TUNARUNGU SLB NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020
Keywords:
pendekatan kontekstual berbasis alam, tunarungu, teks laporan hasil observasiAbstract
Tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Meningkat kankompetensi teks laporan hasil observasi melalui pendekatan kontekstual berbas isalam pada peserta didik kelas XI tunarungu SLB Negeri Salatiga. 2) Mendeskripsi peningkatan kompetensi teks laporan hasil observasi melalui pendekatan kontekstual berbas isalam pada pesertadidik kelas XI tunarungu SLB Negeri Salatiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemberian tes pengetahuan, dan lembar observasi selama tindakan untukmenegtahui proses pembelajaran dan perubahanperilakupesertadidik. Analisis data dengan deskriptif komparatif dengan membandingkan sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan kontekstual berbas isalam. Penilaian proses pembelajaran dan perubahan perilaku dengan menggunakan lembar observasi. Pembahasanmeliputihasilpenelitiandarites dan non tes yang diperoleh pada penelitiantindakankelasdiawalikondisiprasiklus, siklus I, siklus II. Hasil tesadalahnilai Bahasa Indonesia kompetensitekslaporanhasilobservasisetealhditerapkanpendekatankontekstualberbasisalam. Hasil non tesberupaobservasi yang digunakanuntukmendeskripsikan proses pembelajaran, tingkahlaku yang menyertaisetelahditerapkantindakan. Nilai rata prasiklusadalah 43, siklus I adalah 63, siklus II adalah 75. Hasil tespencapaiankompetensitekslaporanhasilobservasidariprasiklussebanyak 5 anaktidaktuntasatau 100 % tidakmengalamiketuntasan. Siklus I ada sebanyak 1 anak yang mengalami ketuntasan atau 20% dan pada siklus II setelah diberi Tindakan ketuntasan mengalami 100% yang sudah mencapai nilai KKM yang ditentukan.