ANALISIS KENDALA ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK TUNANETRA BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI
Keywords:
kendala orang tua, Anak Tunanetra, BDR, Pandemi Covid-19Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dialami orang tua ketika mendampingi anak tunanetra saat belajar dari rumah selama masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus melalui wawancara dengan analisis tematik pada 3 orang tua anak tunanetra kelas rendah yang sedang bersekolah di Sekolah Luar Biasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kendala yang dialami orang tua saat mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19 adalah 1) Kurangnya pemahaman terhadap materi ajar 2) Kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar pada anak, 3) Ketergantungan anak kepada orang tua semakin besar (anak manja), 4) kurangnya skill orang tua dalam intervensi anak. Penelitian ini diharapkan dapat menggali apa saja kendala yang dialami orang tua mendampingi anak belajar dari rumah (BDR) sehingga dapat berkontribusi dalam penelitian selanjutnya dalam memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.