Analisis Kesulitan untuk Menetukan Kebutuhan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi

Authors

  • Kholifatul Novita Ningsih Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kesulitan untuk mementukan kebutuhan belajar pada anak berkebutuhan khusus (ABK) pada siswa seklah dasar Mutiara Hati. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini difokuskan pada masalah belajar pada siswa dengan kebutuhan khusus (ABK) pada anak Autis dan Berkesulitan belajar spesifik . Jenis dan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah reduksi data (reduksi), Penyajian data (tampilan), Verifikasi Data (verifikasi). Teknik validasi data dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kedua siswa mengalami kesulitan  dalam belajar disekolah dan membutuhkan pendektan khusus untuk memenui kebutuhan belajarnya. Subjek Subjek MAP menunjukkan hasil belajar yang rendah, lambat dalam mengerjakan tugas-tugas belajar, tidak mampu menangkap penjelasan materi, tidak pernah mengumpulkan dan menyelesaikan tugas dan sulit beradaptasi dengan proses belajar di sekolah. Subjek  menunjukkan hasil bahwa Subjek RAM Kesulitan belajar yang dialami subjek RAM tersebut karena tidak mampu menangkap penjelasan materi dengan baik, jika mengerjakan tugas guru atau teman kelasnya sulit menjelaskan karena bahasa atau cara bicaranya juga kurang jelas sehigga subjek RAM sulit beradaptasi dengan proses belajar di sekolah

Published

2020-11-12

Issue

Section

Articles