Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran (Studi Kasus SLB Negeri Sekaresidenan Surakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di enam SLB Negeri Sekaresidenan Surakarta, yaitu SLB N Karanganyar, SLB N Surakarta, SLB N Wonogiri, SLB N Sragen, SLB N Boyolali dan SLB N Sukoharjo, dengan jumlah responden penelitian 28 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis dan interpretasi Creswell. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran belum dimanfaatkan secara keseluruhan oleh semua pendidik dan tidak semua peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang sama dalam pemanfaatan teknologi informasi. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya fasilitas sekolah dalam memfasilitasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan pemahaman pendidik dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi masih sangat terbatas