Pengaruh Aksesibilitas dan Pengalaman Wisatawan pada Kepuasan Wisatawan di Objek Wisata Alam Batu Lempar Garut
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10172Keywords:
Aksesibilitas, Pengalaman Wisatawan, Kepuasan WisatawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aksesibilitas dan pengalaman wisatawan pada kepuasan wisatawan di Objek Wisata Alam Batu Lempar Garut. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dan sampel yang digunakan adalah wisatawan yang pernah berkunjung ke Objek Wisata Alam Batu Lempar minimal satu kali kunjungan. Analisis penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS dengan alat bantu Smart PLS 3.0 dan responden berjumlah 100 orang. Metode pengumpulan data meliputi penyebaran kuesioner pada Google Form. Menurut hasil penelitian, didapat bahwa aksesibilitas berpengaruh signifikan dan positif pada kepuasan wisatawan dan variabel pengalaman wisatawan juga mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif pada kepuasan wisatawan di Objek Wisata Alam Batu Lempar Garut.
References
Adiatma, D., Susilawati, W., & Anggraeni, W. (2024). Pengaruh Accessibility Dan Social Media Marketing Pada Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Taman Wisata Alam Talaga Bodas. Jurnal Industri Pariwisata, 6(2), 190–203. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v6i2.1757
Ahmad S, D. (2022). Kabupaten Garut Disebut Swiss Van Java? Ternyata Ini Alasannya. InewsGarut.Id. https://garut.inews.id/read/316046/kabupaten-garut-disebut-swiss-van-java-ternyata-ini-alasannya
Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Attraction, Accessibillity, Amenity, Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(1), 53–59. https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.41
Arum Sari, W., & Najmudin, M. (2021). Pengaruh Media Sosial, Kualitas Layanan Dan Pengalaman Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Pulepayung Kabupaten Kulon Progo. Mohamad Najmudin Juni 2021 EFEKTIF Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 12(1), 49–58.
Aurellia, A. (2022). 25 Tempat Wisata di Jawa Barat Paling Terbaik. Detikjabar. https://www.detik.com/jabar/wisata/d-6176779/25-tempat-wisata-di-jawa-barat-paling-terbaik
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, L. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro.
Handayani, S., Wahyudin, N., & Khairiyansyah, K. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 123–133. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i2.3228
Herwin. (2023). Adem Banget! Yuk Traveling di Wisata Alam Batu Lempar Garut yang Tawarkan View Cantik Nya Hutan Pinus. SumenepNetwork.Com. https://sumenep.jatimnetwork.com/pariwisata-budaya/67410754052/adem-banget-yuk-traveling-di-wisata-alam-batu-lempar-garut-yang-tawarkan-view-cantik-nya-hutan-pinus
Hudiono, R. (2022). Gender dan Usia Muda : Kecenderungan Berwisata Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4348–4356.
Irsyadi, N. A., & Andriani, N. (2024). Pengaruh Pengalaman Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Melalui Mediasi Kepuasan Pelanggan Di Pantai Sembilan Kecamatan Gili Genting Kabupaten Sumenep. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 308–319. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Ismayanti. (2020). Dasar-Dasar Pariwisata. Universitas Sahid Jakarta.
Jonathan, K., & Istriani, E. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia - e-ISSN 3026-4499, 1, 55–71. https://doi.org/10.47747/snfmi.v1i.1463
Juansya, J., Rahayu, S., & Tobari, T. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Aksesibilitas Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Air Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali). Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 3(4), 196–207. https://doi.org/10.47747/jbme.v3i4.843
Lestari, D. P. (2019). 61 Tempat Wisata di Indonesia, Pancaran Keindahan Nusantara. Travelingyuk.Com. https://travelingyuk.com/tempat-wisata-di-indonesia/166777/
Martalia, D. (2022). Pengaruh Pengalaman Terhadap Kepuasan Dan Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Nusantara Pada Masa Pandemi Di Taman Nasional Baluran. Jumpa, 9(2), 123–146.
Mokoginta, R. A., Poluan, R. J., & Lakat, R. M. . (2020). Pengembangan kawasan wisata bahari (Studi : Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur). Spasial, 7(3), 325–334.
Nurhayati, E. C. (2019). Pengaruh Aksesibilitas, Fasilitas, Dan DayaTerhadap Kepuasanwisatawan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 67–82. https://doi.org/: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v3i1.2485
Pangestuti, I. S. (2019). Pengaruh Komponen Destinasi Wisata (4A) terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Gemah Tulungagung. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(72), 157–167. https://repository.ub.ac.id/id/eprint/172016/
Permadi, B., Berlian, E. P., Firdausya, N. A., & Yusuf, R. (2024). Pengaruh Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung pada Taman Satwa Cikembulan di Kabupaten Garut. 2(2), 235–249. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/mri.v2i2.2515
Pujiastuti, E. E. (2020). Pengaruh Pengalaman Wisatawan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Serta Niat Berkunjung Kembali (Studi Pada Wisatawan Di Wisata Alam Posong Temanggung). DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 185–201. https://doi.org/10.36636/dialektika.v5i2.465
Rachmawan, N. (2023). Wisata Alam Tersembunyi Paling Syahdu, Batu Lempar Garut Cocok untuk Healing Akhir Tahun. Pikiran Rakyat Garut.Com. https://garut.pikiran-rakyat.com/lifestyle/pr-527387973/wisata-alam-tersembunyi-paling-syahdu-batu-lempar-garut-cocok-untuk-healing-akhir-tahun
Rossadi, L. N., & Widayati, E. (2018). Pengaruh Aksesibilitas, Amenitas, Dan Atraksi Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Ke Wahana Air Balong Waterpark Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(2), 2018. https://doi.org/10.36594/jtec.v1i2.27
Sudarwan, W. E., Zahra, S., & Tabrani, M. B. (2021). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Sawarna Kabupaten Lebak. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 284–294. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.29
Sugiana, A. (2023). Sejuk, Camping di Objek Wisata Alam Batu Lempar Kabupaten Garut, Tiket Masuknya Murah, Pemandangannya Tidak Murahan. Radartasi.Id. https://radartasik.id/objek-wisata-alam-batu-lempar-kabupaten-garut/#:~:text=Objek wisata alam Batu Lempar berada di,Agung Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut.
Sulistyanda, B., Sulistiyowati, L. N., & Fauzi, R. U. A. (2022). Pengaruh Pengalaman Pengunjung Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Pada Wisatawan Telaga Sarangan. Seminar Inovasi Majemen Bisnis Dan Akuntansi 4, 4(9), 1–12. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3245/2592
Syarifuddin, D. (2023). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata di Kampung Wisata Cireundeu, Cimahi, Jawa Barat. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 141–157. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v4i2.8024
Syarifuddin, D. (2024). Transformasi Kampung Wisata Bunisari : Paradigma Pengembangan Partisipatif. Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 201–212. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9059
Wibisono. (2005). Metode Statistik. Gajah Mada University Press.
Wibowo, L. A., & Nurhasan, R. (2020). Analisis Faktor Corporate Reputation pada Tempat Wisata. Fakultas Ekonomi Universitas Garut, 19(2), 2–4.
Wicaksana, G. S., Pujiastuti, E. E., & Suratna, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pengalaman Terhadap Kepuasan Serta Kepercayaan Wisatawan (Studi Pada Wisatawan Yang Berkunjung Pada Obyek Wisata Telaga Menjer Di Wonosobo). Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 17(1), 93. https://doi.org/10.31315/be.v17i1.5554
Yohana Natalia, C., Karini, N., & Mahadewi, N. (2020). Pengaruh Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Ke Broken Beach Dan Angel’S Billabong. Jurnal IPTA, 8(1), 10. https://doi.org/10.24843/ipta.2020.v08.i01.p02
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.